Tips Membeli HP Bekas

Hai Sobat Arahtekno, tahukah kalian seberapa pentingnya HP (Handphone) bagi kita yang terlahir di generasi milenial ini? Tentunya keberadaan handphone pada masa sekarang, sangatlah penting, bahkan bisa dikatakan lagi, bahwa handphone sudah menjadi barang pokok bagi kita semua. Ngga afdol lagi jika kita bepergian tidak membawa HP hehehe.

Pengguna dari handphone sendiri di Indonesia menurut sumber terpercaya sudah mencapai 371,4 juta pengguna atau sekitar 142 persen dari total populasi penduduk yang sebanyak 262 juta jiwa. Artinya, dari kalangan anak-anak, remaja, sampai dewasa hampir semuanya memakai alat canggih ini. Sungguh angka yang bukan sedikit lagi ya Sob.

Tips Membeli HP Bekas

Berbicara tentang Handphone atau biasa kita sebut Smartphone ini, pastinya sudah banyak beragam jenis dan modelnya. Nah bagi kalian yang sedang mencari HP baru sudah tidak perlu bingung lagi, karena berbagai produk sudah banyak ditawarkan. Namun bagi Sobat yang sedang mencari HP bekas, Sobat harus teliti dalam menseleksi HP bekas tersebut, jadi jangan asal beli! Maka dari itu disini saya akan memberikan ulasan tentang 15 Tips Aman Membeli HP Bekas yang Berkualitas Tanpa Kena Tipu.

Baca Juga : Tips Membeli Laptop Baru

1. Tentukan Modal dan Keinginan Spesifikasi HP

Langkah pertama sebelum Sobat membeli HP bekas, Sobat tentukan terlebih dahulu berapa modal anggaran uang Sobat, lalu tinggal tentukan keinginan spesifikasi dari HP Sobat nantinya, jangan lupa paskan kira-kira anggaran ya. Modal besar ya bisa dapet spek ‘dewa’ begitupun sebaliknya.

2. Cari dan Beli dari Orang Terpercaya

Setelah Sobat telah fix dengan range poin nomor satu, selanjutnya Sobat cari HP bekas keinginan Sobat, bisa melalui media internet ataupun datang langsung ke konter-konter HP. Jangan lupa Sobat harus cermat dalam memilih orang/tempat sarana beli ya, harus terpercaya agar tidak kena tipu.

3. Lihat Kondisi Body HP

Bila Sobat dapat info melalui Internet, Sobat lihat dulu deh, kira-kira itu HP masih bagus engga, caranya bisa dilihat dari bagian luar depan dan belakang, siapa tahu HP terlihat seperti dalam keadaan sering terbanting, kan repot.

4. Cek Kelengkapan

Selanjutnya Sobat pastikan kelengkapan perangkat HP bekas yang akan Sobat beli seperti Dosbook, Charge, headset, kabel Usb, dan lainnya itu tersedia. Jika saja kelengkapan kurang, nanti Sobat bisa atur dalam harganya agar impas.

5. Tentukan Tempat Pertemuan yang Strategis

Nah khusus poin nomor 5 ini, bagi Sobat yang akan COD (Cash On Delivery) atau bayar ditempat untuk memilih tempat yang strategis, karena jika saja Sobat itu melakukan COD ditempat sepi bisa saja nanti terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, jadi pintar-pintar nya Sobat cari tempat ya, syukur jika Sobat membeli ditempat konter langsung.

6. Cek Segel Barang

Setelah Sobat bertemu langsung dengan barang, jangan lupa juga untuk mengecek segel barang HP tersebut, apakah sudah pernah dibongkar ataupun barang masih tersegel. Jika masih tersegel besar kemungkinan barang tersebut masih bagus.

7. Cek Nomor IMEI

Mengecek nomer imei adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini bertujuan untuk mengecek keaslian dari Hp yang akan kita beli. Pastikan juga bahwa nomor imei di HP sesuai dengan imei di DoshBook, cara cek imei handphone Android bisa dilakukan dengan cara mengetik *#06#* di panggilan dan klik panggil.

Baca Juga : Cara mengecek IMEI iPhone

8. Cek Fitur Kontrol HP

Fitur Kontrol HP juga merupakan bagian yang sangat vital pada HP, fitur kontrol ini bisa meliputi : touchscreen, speaker, tombol HP dan lainya lagi. Untuk mengeceknya Sobat bisa melakukan dengan cara melakukan dial *#*2664#*#* atau jika HP tersebut tidak support untuk mengecek dial tersebut, Sobat bisa melakukannya dengan aplikasi tambahan yang bisa diunduh di playstore jika perlu.

9. Cek Versi Firmware HP

dilangkah selanjuntya, Sobat juga bisa mengecek versi firmware dari HP tersebut, karena jika berbeda hasil firmwarenya ada kemungkinan HP tersebut pernah di flash atau ‘diutak-atik’ oleh penjual tersebut.

10. Cek ‘Dalaman‘ HP

Dalaman disini maksudnya adalah fitur-fitur yang ada di dalam HP tersebut, Sobat bisa mengecek RAM, kapasitas memory, hasil outputan speaker, mencoba kameranya, dan yang tidak kalah penting Sobat juga harus mengecek Jaringan dari HP tersebut, baik jaringan data selullar maupun jaringan WiFi-nya.

11. Jangan Lupa Cek Kinerja HP

Setelah Sobat mengecek ‘dalaman’ si penjual, eh maksud saya ‘dalaman’ HP bekas tersebut, sekarang Sobat perlu mengecek lagi kinerja dari HP tersebut, apakah kira-kira berjalan sesuai dengan sepsfikasi HP tersebut atau tidak.

12. Tanya Pengalaman HP

Nah dipoin ini adalah opsional, Sobat bisa menanyakannya jika perlu untuk basa-basi, bahwa apakah pernah HP ini terjatuh, apa HP ini pernah di Root atau lain sebagainya, biar tidak tegang jadi lemesin aja wkwkw.

13. Tanya Garansi

Selanjutnya jika barang tersebut masih dalam keadaan baru, Sobat bisa menanyakan apakah barang ini masih mempunyai garansi atau tidak, jika masih ada garansi besar kemungkinan Sobat bisa lebih tenang lagi, karena barang masih bisa ditukar ke pabrikan.

14. Nego Harga

Nah setelah Sobat mengamati betul-betul poin-poin diatas, jika Sobar benar berniat untuk membelinya, sekarang Sobat bisa bernego harga dengan pembeli. Usahakan sebisa mungkin dengan harga termurah ya hehehe.

15. Jangan ‘Gegabah’

Dan dipoin tips terakhir ini, sebisa mungkin Sobat jangan gegabah atau terburu-buru untuk membeli HP bekas tersebut terlebih dahulu, Coba pikir-pikir dengan matang lagi. Jika Sobat sudah fix dengan barang tersebut barulah Sobat membelinya 😀

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang 15 Tips Aman Membeli HP Bekas yang Berkualitas Tanpa Kena Tipu. Silakan Sobat share artikel ini jika dirasa bermanfaat, terima kasih 🙂

Tinggalkan komentar