Komputer

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Hai Sob, pernahkah Laptop atau Komputer kalian terkena virus shortcut? Jika iya, peristiwa tersebut Sungguh menyebalkan bukan? virus shortcut meski sebetulnya terkesan tidak berbahaya bagi Laptop, namun keadaannya masih menjadi salah satu virus paling menjengkelkan.

Bagaimana tidak, virus ini akan mengubah file ataupun folder asli menjadi bentuk shorcut, jadi pastinya akan sangat menjengkelkan jika kita mau ke file atau folder tersebut.

Virus shortcut seperti kebanyakan virus pada umumnya, biasanya menular dari suatu Komputer ke gadget kita lewat perantara flashdisk atau media penyimpanan lain, yang sebelumnya telah tertular virus itu terlebih dahulu.

Sebenarnya peran Antivirus sangat ampuh untuk mengatasi virus shortcut ini. Namun masalahnya, bagaimana kalau di Laptop atau Komputer kita tidak ada antivirus?

Cara Menghilangkan Virus Shortcut pada Flashdisk

Nah, untuk mengatasi kejadian tersebut kali ini Arahtekno akan memberikan tips tentang Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk sampai Akarnya, jadi pastikan Sobat membaca sampai selesai ya.

Baca Juga: Antivirus Komputer Terbaik

1. Pertama Sobat colokan Flashdisk ke laptop atau komputer Sobat kemudian buka file isi dalam Flashdisk Sobat.
2. Lalu atur, agar file tersembunyi didalam Flashdisk Sobat ikut nampak. Caranya masuk pada windows explorer dan Klik “Organize” lalu klik “Folder and search options”.
3. Aktifkan “Show hidden files, folders, and drives” lalu unchecklist pada “Hide protected operating system files (Recommended)”.

4. Nah, biasanya setelah melakukan cara diatas folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Namun masih berstatus semi-hidden.
5. Untuk menormalkannya kembali, silahkan Sobat buka CMD (Command Prompt). Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misal di Drive D, berarti ketik D: pada CMD Komputer Sobat.
6. Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, dan tekan Enter.

7. Sekarang cek Flashdisk Sobat, apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah normal kembali, artinya Flashdisk Sobat telah berhasil diperbaiki.
8. Sekarang silahkan hapus folder ataupun file yang menurut Sobat aneh dan tidak jelas.

Sedikit pesan tambahan dari admin, jika Sobat mengalami kejadian seperti diatas, lain kali untuk lebih waspada lagi ketika menghubungkan Flashdisk agar kejadian tersebut tidak terulang.

Demikian artikel kali ini dari Arahtekno tentang Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk sampai Akarnya. Mudah-mudahan setelah mencoba cara diatas, masalah bisa teratasi. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainya

3 Replies to Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *