Cara Cek Spek Laptop

Mengecek spesifikasi laptop merupakan kegiatan yang begitu penting untuk kita lakukan dan kita juga harus mengingatnya dalam jangka panjang. Biasanya orang mengecek spesifikasi laptop pada saat pertama kali menggunakan laptop tersebut.

Terkadang melakukan cek spesfikasi pada laptop juga dilakukan pada saat akan menginstall suatu Software atau game yang membutuhkan spesfikasi minimal khusus. Nah disitulah peran spesifikasi dicek kembali, karena jika kita asal menginstall suatu software atau game tanpa melihat dari spesfikasi laptop kita, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kondisi laptop kita kedepanya.

Cara Cek Spek Laptop

Nah ngomongin pengecekan spek laptop, terutama ke Sobat anak IT, pasti kegiatan seperti ini sangatlah mendasar. Namun bagiamana jika orang awam yang baru mengenal Laptop maupun Komputer disuruh mengecek spesifikasi laptop? Pastinya berbeda kan, nah untuk menangani kejadian tersebut, berikut langsung saja Berbagai Cara Mengecek Spek Laptop dengan Mudah dan Cepat.

Baca Juga : Cara Membersihkan File Sampah Laptop

Mengecek di Sistem Informasi Windows

Cara ini adalah cara yang paling standar dilakukan. Sobat dapat memanfaatkan sistem informasi untuk melihat spesifikasi laptop atau komputer Sobat. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Windows Explorer atau bisa juga dengan menekan Shortcut “Windows + E” pada keyboard.
  2. Klik kanan pada pilihan My Computer atau pada This PC, Kemudian Sobat pilih properties.
  3. Setelah itu Sobat dapat melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi laptop Sobat seperti jenis laptop, kecepatan processor, besarnya RAM, dan lainya.

Mengecek Melalui DirectX Diagnostic Tools

Mengecek disini menurut admin lebih lengkap lagi datanya. dxdiag merupakan fitur bawaan windows, jadi Sobat hanya perlu mencarinya di pencarian Windows. Lebih lengkapnya sebagai berikut:

  1. Masuk pada fitur DirectX Diagnostic Tools (DXDIAG) dengan cara menekan tombol “Win + R” pada kolom pencarian windows, lalu ketikkan “dxdiag” dan “Enter”.
  2. Nanti hasil informasi mengenai spesifikasi laptop akan muncul.

Oiya Sob, dalam menu hasil informasi spesifikasi laptop pada dxdiag terdapat 4 tab, diantaranya :

  • Tab System, menampilkan informasi umum mengenai spesifikasi laptop.
  • Tab Display, menampilkan informasi mengenai hal berhubungan dengan tampilan kartu VGA.
  • Tab Sound, dimenu ini Sobat dapat melihat dari spesifkasi driver suara pada laptop.
  • Tab Input, akan menampilkan hal yang berhubungan dengan perangkat masukan pada laptop.

Mengecek dengan Software CPU-Z

Selain dapat mengecek spesifikasi laptop seperti kedua cara diatas. Sobat juga dapat mengeceknya melalui Software tambahan, seperti Software CPU-Z ataupun software lainya, disini admin menyarankan menggunakan CPU-Z karena penggunaanya yang mudah, ringan dan cepat. Untuk cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama Sobat perlu mendownload terlebih dahulu Software CPU-Z, bisa search aja digoogle sudah banyak yang telah menyediakan Softwarenya 😀
  2. Setelah mendownloadnya, lakukan juga installisasi Softwarenya seperti biasa.
  3. setelah selesai bisa langsung saja dibuka CPU-Z nya.
  4. Disini Sobat dapat melihat dengan detail mengenai spesfikasi pada laptop Sobat, dari mulai nama processor, Core speed pada laptop, informasi mainboard, sampai dengan perangkat output/input pada laptop Sobat, pastinya informasinya lengkap banget Sob.

Untuk pilihan alternativ Software selain menggunakan CPU-Z diatas, Sobat bisa mencoba Software Speccy, keduanya sama-sama ringan kok, tinggal disesuaikan saja sama selera Sobat.

Demikian artikel kali ini tentang Berbagai Cara Mengecek Spek Laptop dengan Mudah dan Cepat. Jika Sobat punya cara lain untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop, dengan senang hati admin menerima jika mau dimasukan dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂

2 pemikiran pada “Cara Cek Spek Laptop”

  1. jujurnya aku termasuk gaptek soal cek2 begini ;p.. makanya tiap beli gadget, pasti aku ajak suami yg lebih paham ;p.. dia lah yg udh tau spec seperti apa yg sbnrnya cocok utk aku yg blogger ini… jd kamera ato hp ato laptop yg dibeli ga boros spec 😀

Tinggalkan komentar