Cara Flash Oppo F1s

Oppo F1s bisa dibilang merupakan Smartphone dari Oppo yang sudah cukup lama, karena dirilis pada bulan Agustus tahun 2016 lalu. Tak heran jika para pengguna Hp Oppo F1s sering menjumpai beberapa permasalahan, seperti misal Oppo F1s yang mati total atau bootloop. Jika sudah seperti itu, maka penggunanya wajib melakukan cara flash Oppo F1s.

Sebenarnya tidak hanya permasalahan mati total atau bootloop saja yang harus ditangani dengan flashing. Masalah seperti Hp Oppo F1s lupa pola / lupa password, hang, gagal custom rom, aplikasi sering berhenti, dan permasalahan lainya juga bisa ditangani dengan cara flashing.

Nah, jika Sobat sendiri mengalami kejadian tersebut, dan sedang mencari cara flash Hp julukan “Selfie Expert” ini, Sobat dalam artikel yang tepat! Karena admin telah memberikan rangkuman lengkap mengenai cara flash Hp Oppo F1s.

Cara Flash Oppo F1s A1601

Seperti yang telah kita ketahui, melakukan proses flashing merupakan langkah yang akan menghapus semua data pada Smartphone. Maka dari itu, jika Sobat masih bisa masuk kedalam data-data Hp yang akan Oppo F1s, alangkah baiknya jika Sobat melakukan backup data terlebih dahulu.

Jika sudah yakin, mari kita melangkah ke pembahasan utama. Disini Sobat perlu menyiapkan beberapa bahan untuk flashing Oppo F1s.

Baca Juga: Cara Flash Oppo A11W

Bahan Flash Hp Oppo F1s A1601

Jika semua bahan telah Sobat siapkan dan telah di install pada komputer, sekarang silakan Sobat ikuti langkah untuk flashing Hp Oppo F1s melalui cara dibawah ini.

Cara Flash Oppo F1s A1601 via SP Flashtool

Pastikan Sobat sudah mengunduh semua bahan flash diatas, dan telah meng ekstrak nya (SP Flash Tool, USB Driver dan Stock ROM Firmware Oppo F1s).

Pastikan juga Sobat telah melakukan penginstallan bahan yang diperlukan diatas pada Komputer atau PC Sobat (SP Flash Tool dan USB Driver).

1. Buka folder hasil ekstrak software SP Flashtool dan cari file Flash_tool.exe. Jalankan software tersebut dengan klik kanan -> Run As Administrator.

2. Setelah software SP Flashtool telah terbuka, Selanjutnya pilih scatter file dengan cara klik menu scatter loading, dibawah tombol download agent tadi.

3. Selanjutnya masuk dan pilih folder Firmware / Stock ROM Oppo F1s yang telah Sobat unduh dan cari file Android_scatter.

4. Jika file Android_scatter sudah dimasukan, sekarang Sobat klik Download untuk bersiap melakukan flashing.

Tips menggunakan SP Flashtool:
Jadi ketika file scatter telah berhasil dimuat, maka Sobat akan melihat beberapa baris centang di dalam Flashtool. Pada barisan file tersebut hilangkan tanda centang pada opsi PRELOADER dan UBOOT.

Lakukan hal tersebut apabila Hp Oppo F1s Sobat masih bisa menyala namun mentok sampai logo saja (bootloop). Tetapi jika Smartphone Sobat mati total alias tidak bisa nyala sampai logo, maka centang semua daftar opsi file tersebut.

5. Selanjutnya pastikan Hp Oppo F1s Sobat telah dimatikan, Sobat juga bisa mencopot baterainya jika baterainya support removable (bisa dilepas).

6. Hubungkan Hp Oppo dengan komputer/laptop melalui kabel data USB yang telah disiapkan.

7. Kemudian tekan tombol volume Up atau volume Down bersamaan untuk mempercepat koneksi antara Hp dengan PC (Jika Oppo belum terdeteksi).

8. Jika proses flashing berjalan dengan normal, maka progres bar pada bagian bawah software SP Flash Tool akan ada indikator warna yang bergerak, dari warna merah sampai berwarna kuning. Jadi silakan Sobat tunggu sampai selesai 100% ya.

9. Jika proses flashing telah selesai, nantinya akan muncul lingkaran hijau dengan pesan Download Ok.

10. Flash Hp Oppo telah selesai, silakan Sobat bisa hidupkan kembali Hp Oppo F1s Sobat.

Baca Juga: Cara Flash Oppo A11W

Tips Mengatasi Oppo Tidak Terdeteksi

Jika Hp Oppo mu tidak terdeteksi terus, Sobat dapat mencoba cara dibawah ini:

  • Gantir Driver USB Hp Oppo dengan driver lainya, kemungkinan driver tersebut tidak support dengan Oppo Sobat
  • Cek kabel USB, apakah memang masih bagus dan layak digunakan atau tidak
  • Jika masih belum bisa, coba cek port USB pada Oppo Sobat, siapa tahu memang sudah tidak normal kembali.

Akhir Kata

Ternyata melakukan flashing sendiri itu tidak sulit seperti yang dibayangkan kan? Intinya asal Sobat punya keinginan untuk memperbaikinya sendiri, Sobat pasti bisa melakukan flash ponsel Oppo F1s A1601 tanpa repot dibawa ke tukang service.

Mungkin cukup sekian artikel arahtekno kali ini tentang cara flashing Oppo F1s A1601. Semoga cara flash Oppo ini bisa membantu Sobat mengatasi bootloop atau permasalahan lain. Jika Sobat masih bingung, bisa tanyakan saja dikolom komentar 🙂

Tinggalkan komentar