Cara Mematikan Windows Defender

Siapasih yang ngga keganggu ketika notif virus muncul terus dipojok bawah kanan windows kita? padahal malah biasanya memang bukan virus, hanya sebuah file dari suatu game atau aktivator Windows, namun terdeteksi seperti virus oleh Windows Defender ini. Hal inilah yang membuat kita kadang geram sendiri karena harus men-close notif tersebut terus menerus.

Kejadian biasanya tambah parah lagi ketika file kita yang dianggap virus oleh Windows Defender ini ke karantina, ataupun langsung kehapus oleh Windows Defender. Sehingga terkadang kita harus merestore dahulu file tersebut untuk digunakan kembali, atau bahkan kita harus menginstall ulang program tersebut. Membuat suasana tambah keruh saja kan.

Windows Defender sebenarnya merupakan pengganti dari Microsoft Security Essentials yang digunakan oleh versi Windows sebelumnya. Antivirus Windows Defender ini akan aktif secara default dan akan mematikan dirinya sendiri jika Sobat telah menginstall antivirus lain, asalkan telah diakui juga oleh sistem operasi Windows Sobat.

Cara Mematikan Windows Defender

Nah bagi Sobat yang ingin mematikan Windows Defender baik secara sementara/permanen tanpa harus mengintsall Antivirus lain terlebih dahulu, kini admin akan memberi tips ampuhnya. Berikut langsung saja Cara Ampuh Mematikan Windows Defender Baik Sementara/Permanen.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10

Mematikan Windows Defender Secara Sementara

Cara mematikan Windows Defender secara sementara ini sangat saya sarankan ke Sobat, alasanya karena jika kita mematikan sementara nanti kita tetap bisa mengaktifkannya kembali.

  1. Pertama Sobat buka program Windows Defender, caranya klik Start. Kemudian pada kolom pencarian ketikkan Update & Security, kemudian tekan Enter.
  2. Setelah itu nanti Sobat akan dialihkan ke berbagai menu keamanan. Pada menu tersebut Sobat klik Setting dan klik lagi menu Windows Defender.
  3. Ubah status Real-Time Protection dan Cloud Based Protection yang tadinya On menjadi Off.
  4. Selesai, Windows Defender Komputer Sobat sudah non-aktif secara sementara. Dengan menggunakan cara ini, dalam kurun waktu beberapa jam saja Windows Defender Sobat akan On lagi secara otomatis.
  5. Jika Sobat ingin windows defender non-aktif permanen, silakan baca cara selanjutnya.

Mematikan Windows Defender Secara Permanen

Saya sarankan ke Sobat, jika tidak ada hal yang sangat penting jangan mencoba mematikan fitur windows defender ini secara permanen. Karena jika windows defender ini mati permanen, kemungkinan masuknya virus akan sangat besar, kecuali jika Sobat akan mengganti dengan Antivitus lain tidak masalah. Jadi tetap pertimbangkan dengan baik ya.

Baca Juga : Antivirus Windows Terbaik

  1. Klik Start pada pojok kiri bawah desktop Windows dan Sobat ketikkan Edit Group Policy kemudian tekan Enter.
  2. Klik lagi Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Template.
  3. Pada menu Administrative Template Sobat klik lagi Windows Component. Nanti akan ada banyak menu, scroll ke bawah saja, cari dan klik Windows Defender Antivirus.
  4. Pada menu Windows Defender Antivirus klik 2 kali menu Turn Off Windows Defender Antivirus. Setelah pilihanya muncul, klik Enabled. Terakhir klik Apply dan Ok.
  5. Langkah selesai, sekarang restart komputer Sobat untuk melihat hasil ampuhnya.

Catatan : Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 ini merupakan langkah yang cukup berbahaya. Jadi pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu untuk mengambil langkah mematikan fitur ini.

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang Cara Ampuh Mematikan Windows Defender Baik Sementara/Permanen. Silakan Sobat Coba tips diatas, bila masih mendapat kendala bisa masukan masalah kendala Sobat dalam kolom komentar bawah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar