Komputer

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Melihat keyboard bersih memang sangat menyejukan hati, apalagi bagi kita seorang penulis. Keyboard merupakan sarana pertama sebelum kata-kata kita tertulis didalam monitor. Namun sebagai penulis kita harus tetap menjaga agar keyboard kita tetap enak dipandang, tentunya dengan membersihkan keyboard.

Jika sobat tidak membersihkan keyboard laptop secara teratur, keyboard sobat bisa menjadi sangat kotor seiring waktu. Minyak dari jari-jari Anda dapat menciptakan residu di bagian atas kunci, dan remah-remah, debu, dan bulu hewan peliharaan dapat menumpuk di celah-celah pada keyboard.

Jika sobat khawatir dengan kebersihan keyboard Anda, jangan khawatir sob! Sangat mudah untuk membersihkannya sendiri. Bahkan ada langkah-langkah yang dapat sobat ambil untuk meminimalkan kerusakannya jika sobat tidak sengaja menumpahkan minuman di keyboardnya.

Maka dari itu disini admin akan memberikan poin-poin cara mudah untuk membersihkan keyboard laptop. Jadi silakan ikuti dari poin ke-poin ya sob.

Membersihkan Bagian Luar Tombol Keyboard

1. Matikan Daya Laptop

Pertama matikan terlebih dahulu dan lepaskan laptop Anda sebelum Anda melakukan pembersihan. Meskipun Anda tidak akan memasukkan cairan langsung ke laptop, Anda harus mematikan sepenuhnya untuk memastikan tidak ada yang rusak jika sedikit kelembapan masuk ke dalam.

Tutup laptop ke bawah melalui menu Opsi Daya, kemudian lepaskan kabel daya. Selain melindungi Anda dari keterkejutan, mematikan laptop sudah menjadi antispiasi agar tidak terjadi konsleting didalam kawasan keyboard tentunya.

2. Miringkan Laptop

Miringkan laptop ke atas dan tekan atau goyangkan dengan lembut. Ini bertujuan untuk mengeluarkan debu besar, remah-remah, atau kotoran lain yang bersembunyi di celah keyboard Anda. Dengan mengeluarkan barang-barang besar terlebih dahulu, akan lebih mudah untuk melakukan pembersihan lebih rinci nantinya.

Ini mungkin membantu menyebarkan handuk di bawah laptop sebelum Anda melepaskannya, untuk memudahkan pembersihan.

3. Semprotkan Pembersih Keyboard

Semprotkan pembersih keyboard antara kunci dengan udara terkompresi untuk menghilangkan debu. Pastikan jerami melekat pada kaleng udara terkompresi sebelum Anda menggunakannya. Miringkan keyboard ke satu sisi dan semprotkan di antara tombol dalam semburan pendek, bergerak dari satu sisi keyboard ke sisi lainnya.

Kekuatan udara akan mengeluarkan puing-puing yang terperangkap di antara dan di bawah kunci. Anda dapat menemukan alat pembersih keyboard yang bertekanan udara di toko-toko yang menjual perlengkapan rumah dan kantor.

Jangan sekali-kali menyemprotkan udara bertekanan saat Anda memegang kaleng terbalik, karena ini dapat menyebabkan propelan masuk ke keyboard, merusak komponen di dalamnya.

4. Bersihkan dengan Kain

Bersihkan kunci dengan kain microfiber basah. Microfiber sangat bagus untuk menarik debu, jadi gesekan cepat di atas kunci dapat membantu menghilangkan sebagian kotoran yang ada di keyboard Anda.

Jika perlu, Anda bisa sedikit merendam kain dengan sedikit air, tetapi pastikan untuk memerasnya sepenuhnya dan hanya bersihkan bagian atas kunci sehingga Anda tidak mendapatkan kelembaban di dalam laptop. Jika Anda tidak memiliki kain mikrofiber, Anda dapat menggunakan kain yang tidak berbulu sebagai gantinya.

5. Gunakan Bola Kapas

Hilangkan kotoran yang membandel dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil. Alkohol menguap dengan cepat, menjadikannya alternatif yang lebih aman untuk menggunakan air di laptop Anda. Selain itu, alkohol sangat baik untuk menghilangkan residu berminyak yang ditinggalkan oleh jari-jari Anda.

Pastikan untuk selalu mengaplikasikan alkohol ke bola kapas terlebih dahulu, dan jangan pernah menuangkannya langsung ke keyboard. Untuk membersihkan antara kunci, Anda dapat mencelupkan kapas ke dalam alkohol, lalu menjalankannya di sepanjang sisi kunci.

Bila Perlu Gunakan Pembersih desinfektan

Bunuh kuman dengan mengelap kunci dengan pembersih desinfektan. Jika Anda khawatir tentang kuman, seperti setelah Anda mengidap pilek atau jika Anda menggunakan komputer bersama, Anda dapat menjalankan desinfeksi desinfeksi atas permukaan kunci.

Namun, jangan gunakan lap dengan pemutih di dalamnya, karena dapat merusak lapisan pelindung pada tombol. Jangan pernah menggunakan semprotan disinfektan di laptop Anda, karena mengandung terlalu banyak kelembaban.

Itulah tadi cara membersihkan laptop dari bagian luar tombol saja, bagi sobat yang ingin lebih bersih lagi, silahkan ikuti langkah selanjutnya. Namun perlu diperhatikan cara ini agak lebih berhati-hati karena jika salah teknis bukanya keyboard laptop jadi bersih bisa jadi rusak.

Baca Juga: Cara Merakit Komputer

Membersihkan dengan Mencopot Tombol Keyboard

1. Matikan Daya Laptop

Matikan daya ke laptop Anda dan segera keluarkan baterai. Jika cairan menyentuh komponen listrik di dalam komputer Anda, itu dapat rusak secara permanen. Dengan bekerja cepat, Anda akan membantu meminimalkan risiko kerusakan listrik.

Jika laptop mulai mengeluarkan asap atau uap, atau Anda melihat gelembung atau menggelembung, jangan sentuh ya! Anda dapat mengalami luka serius atau mengalami sengatan listrik.

Bahkan jika Anda mendapatkan laptop kering, residu dari minuman manis, asam, atau minuman beralkohol mungkin masih ada, dan residu itu dapat mempengaruhi fungsi keyboard Anda di masa depan.

2. Balik Laptop dan Putar kebawah

Balikkan laptop di atas handuk. Buka laptop selebar mungkin, putar menghadap ke bawah, dan atur di atas handuk atau bahan penyerap lainnya. Dengan membalik laptop di atas, Anda mengizinkan gravitasi menarik kelembaban dari motherboard dan komponen listrik lainnya.

Hapus sebanyak cairan yang Anda bisa segera. Jika Anda memiliki kain microfiber atau kain yang tidak berbulu di tangan, gunakan itu untuk mengeringkan laptop. Namun, Anda berpacu dengan waktu, jadi jika Anda tidak memiliki salah satu yang berguna, cukup ambil apa pun yang paling dekat dengan Anda, entah itu serbet piring, tisu, atau bahkan T-shirt lama.

3. Keringkan Laptop

Keringkan cairan apa pun yang dapat Anda lihat di permukaan laptop. Handuk dan handuk kertas biasa dapat meninggalkan partikel-partikel kecil yang dapat terperangkap di dalam laptop Anda, itulah sebabnya kain yang tidak berbulu dan mikrofiber lebih disukai.

Biarkan laptop Anda disangga hingga kering selama 1-2 hari. Tidak ada cara untuk mempercepat proses ini. Bahkan jika laptop terlihat kering dari luar, uap air bisa terperangkap di dalamnya. Agar aman, berikan keyboard minimal 24 jam untuk mengering sebelum Anda mencoba menyalakannya lagi.

Jangan coba mengeringkan keyboard dengan pengering rambut, karena ini dapat meniup debu ke dalam cairan di dalam laptop. Ini bisa meninggalkan penumpukan berdebu di dalam laptop Anda yang dapat membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

4. Bersihkan Laptop

Bawa laptop Anda untuk pembersihan profesional jika cairan itu manis. Jika Anda mencipratkan sedikit air ke keyboard, Anda mungkin baik-baik saja, tetapi jika Anda menumpahkan minuman yang besar dan bergula dan ini adalah laptop yang mahal, pertimbangkan untuk memecah laptop Anda dan bersihkan di dalam.

Pembersihan profesional dapat berjalan hingga 500an ribu (tergantung jenis keyboard laptop anda). Jika Anda terbiasa dengan elektronik, Anda dapat memisahkannya dan membersihkan bagian dalam, tetapi beberapa laptop hanya dapat dibongkar dengan peralatan khusus yang mungkin tidak Anda miliki.

5. Nyalakan Daya Laptop Kembali

Pasang baterai dan nyalakan laptop setelah benar-benar kering. Ini akan menjadi momen kebenaran. Jika laptop Anda tidak berfungsi sama sekali, coba 24 jam lagi untuk mengering. Jika sistem operasi Anda boot tetapi keyboard tidak berfungsi, Anda dapat mengganti keyboard atau menggunakan keyboard USB.

Akhir Kata

Demikianlah cara mudah membersihkan keyboard. kita sebagai pemilik laptop pastinya harus terus rajin merawatnya. Apalagi jika benda ini dikatakan sangat berarti bagi kita. Bagi sobat yang ingin bertanya silahkan masukan saja dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainya

2 Replies to Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *