Cara Membuat Barcode

Hai Sobat Arahtekno, kalian tau apa itu Barcode? Jika belum tau, Barcode sendiri adalah sebuah pola geometris yang umumnya memiliki bentuk vertikal. Fungsi dari barcode ini pada umumnya untuk memindai dan melacak sebuah barang atau suatu properti Sob.

Penggunaan alat Barcode ini merupakan inovatif yang luar biasa, karena selain dapat menghemat waktu pengecekan juga dapat meminimalisir kesalahan penghitungan. Jadi tidak heran lagi, jika alat ini sering banget kita jumpai pada supermarket-supermarket diwilayah kita.

Selain untuk proses penjualan sebenaranya barcode juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain Sob, misalnya saja bisa untuk keperluan kartu identitas perpustakaan, untuk kode buku didalam perpustakaan, kartu pelajar/siswa bisa yang dilengkapi barcode, dokumen surat-surat penting, tiket kereta dan banyak lagi lainya.

Sistem Kerja Barcode

Sistem kerja dari Barcode sangatlah simpel. Jadi, Barcode dicetak di atas stiker atau pada bungkusan suatu barang. Lalu kode tersebut akan dapat di baca dengan menggunakan barcode Reader yang berfungsi untuk menerjemahkan kode barcode ini ke dalam data atau informasi yang memiliki arti.

Namun Barcode reader tidak akan bekerja dengan baik apabila pada kode barcodenya terdapat hal yang mengganggu penscanan seperti coretan, warna kode terhapus sebagian, ataupun ketika penembakkan scaner posisinya tidak ditengah/miring. Pembacaan yang sempurna pada mesin Barcode Reader biasanya akan ditandai dengan bunyi ” tit ” satu kali dan lampu indikator menyala satu kali pada scanernya.

Jenis Barcode

Nah perlu Sobat ketahui juga, bahwa Barcode itu sebenarnya mempunyai dua jenis tipe, yaitu tipe satu dimensi dan tipe dua dimensi (seperti gambar diatas). Nah untuk penjelasan singkatnya sebagai berikut.

Barcode Batang

Sebuah Kode batang atau Linear Barcode adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sistem kerja Kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel sehingga dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi).

Kode QR

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code atau Matrix Barcode adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca dan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

7 Cara Membuat Barcode Sendiri

Nah setelah Sobat mengetahui penjelasan singkat diatas, barangkali Sobat ingin membuat Barcode sendiri. Tenang! admin akan mengasih cara membuatnya dengan mudah dan cepat nih. Pembuatan kode ini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, jadi simak terus sampai selesai artikel ini mengenai 7 Cara Mudah Membuat Barcode Sesuai Keinginan Sendiri dengan Cepat yaa.

Baca Juga : Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Presentasi

Membuat Barcode melalui Online

Cara yang pertama ini mengharuskan kita untuk Online dengan internet, namun tenang Sob, kita tetap dapat membuat Barcodenya dengan mudah dan cepat.

Melalui Situs www.the-qrcode-generator.com

Dalam situs ini Sobat tidak hanya bisa membuat Barcode saja, namun juga bisa melakukan penscanan Barcode loh. Untuk cara membuat Barcodenya juga sangat mudah, tinggal mengisi kata bebas, url halaman, contact, nomor hp atauapun kode untuk sms, dan hasilnya akan langsung muncul ketika Sobat telah mengisikan datanya.

Dalam situs ini Sobat juga bisa membuat custom ukuran hasil bila diperlukan untuk menyimpanya. Namun pembuatan Barcode dalam situs ini hanya untuk pembuatan QR Code atau dua dimensi Sob.

Melalui Situs barcode.tec-it.com

Untuk situs yang kedua ini, tidak kalah menarik juga Sob. Berbeda dengan situs yang pertama, pada situs ini Sobat dapat membuat Barcode hanya untuk jenis 1 dimensi. Namun situs ini dilengkapi juga dengan berbagai subjenisnya kok. Untuk hasilnya juga bisa Sobat langsung unduh.

Membuat Barcode melalui Komputer atau Laptop

Selanjutnya Sobat juga dapat melakukan pembuatan Barcode dengan Komputer atau Laptop kesayangan Sobat loh. Namun bagi Sobat yang belum punya softwarenya harap melakukan pengunduhan dan penginstallan terlebih dahulu.

ByteScout BarCode Generator

Software ini dapat menghasilkan beberapa gambar barcode yang berbeda dalam berbagai format output gambar. Format yang didukung aplikasi ini antara lain: PNG, TIFF, JPG, BMP dan GIF. Sobat juga dapat membuat banyak jenis barcode menggunakan software ini dengan beberapa fitur yang menarik.

SDR Free Barcode Generator

Software ini cukup sederhana dipandang, dan jika dijalankan memang benar sangat ringan. Untuk penggunaanya. Sobat hanya perlu melakukan pemilihan jenis barcode, kemudian memasukkan teks barcode dan kemudian menyimpan hasilnya yang berupa gambar.

Membuat Barcode melalui Smartphone Android

Bagi Sobat yang belum punya komputer atau laptop, ataupun ingin lebih simpel lagi dalam membuatnya. Sobat bisa membuat Barcode hanya dengan berbekal Android. Namun bagi Sobat yang belum punya aplikasinya harap melakukan pengunduhan diGoogle PlayStore terlebih dahulu.

Barcode Generator

Aplikasi yang pertama ini sangatlah simpel penggunaanya, ditambah dengan ukuran yang kecil membuat aplikasi ini direview baik oleh pengguna Android. Terdapat juga banyak jenis Barcode yang dapat Sobat gunakan. Intinya Aplikasi sangat rekomendasi digunakan oleh Sobat.

Barcode generator – Hamsoft Uganda

Alternatif aplikasi lain di Android, Sobat bisa menggunakan Aplikasi buatan Hamsoft Uganda ini. Aplikasi yang bisa Sobat unduh secara gratis diGoogle PlayStore ini menawarkan pembuatan Barcode yang mudah, simple dan tidak berbelit. Sobat juga dapat mengcustom ukuranya jika ingin.

Membuat Barcode melalui Smartphone iOS

Nah menginjak cara yang terkahir, bagi Sobat yang memegang Smartphone iOS, ada aplikasi khususnya sendiri. Bagi Sobat yang belum punya aplikasinya harap melakukan pengunduhan di AppStore terlebih dahulu.

Qrafter

Bagi Sobat pengguna Apple, seperti iPhone atau iPad, Sobat bisa membuat barcode dengan aplikasi bernama Qrafter. Aplikasi ini sistem kerjanya hampir sama dengan Barcode Generator, yakni dapat membuat QR Code atau jenis barcode lainnya. Penggunaanyapun cukup simpel dan mudah digunakan.

Catatan : Bagi Sobat pengguna iOS bisa dibilang cukup beruntung, karena dalam kamera bawaanya sendiri sudah bisa langsung men-scan Barcode loh.

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang 7 Cara Mudah Membuat Barcode Sesuai Keinginan Sendiri dengan Cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan