Komputer

Cara Mengatasi Blue Screen

Pengguna Windows pasti sering mendengar tentang komputer atau laptop yang mengalami Blue Screen. Blue Screen sendiri atau Blue Screen of The Dead (BSOD) merupakan suatu notifikasi dari Sistem Operasi, Khususnya pada Windows ketika terjadi error pada system dan tidak bisa merecovernya atau memperbaikinya.

Penyebab Blue Screen Windows

Blue Screen atau BSOD terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal, sehingga membuat sistem harus menjalani restart. BSOD tidak seperti komputer hang yang masih bisa diatasi sehingga tidak perlu restart komputer untuk mengatasi hang.

Blue Screen akan menjadi masalah besar disaat kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting dan terjadi hal ini. Tentunya pekerjaan yang sedang kita kerjakan tidak tersimpan atau tersave, lalu harus mengulangnya. Sungguh merugikan bukan?

Tapi tenang, pada postingan kali ini admin akan memberi tips cara mengatasi blue screen di windows. Namun sebelum itu, alangkah baiknya kita ketahui dulu pesan error dari blue screen apa saja.

Baca juga: Cara Uninstall Deep Freeze

Pesan Error Blue Screen / BSOD

Untuk dapat memperbaiki bluescreen, pertama kita harus tahu dulu penyebab errornya. Beberapa pesan error sebagai berikut:

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Penyebabnya:

  • Driver hardware yang terinstall di komputer tidak cocok
  • VGA card belum terinstall atau driver yang sudah terinstall tidak cocok
  • Driver Audio card yang terpasang tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar.

2. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Penyebabnya:

  • Driver hardware yang terinstall di komputer tidak cocok
  • VGA card belum terinstall atau driver yang sudah terinstall tidak cocok
  • Driver Audio card yang terpasang tidak cocok atau tidak terpasang dengan benar.

3. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebabnya :

  • Terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya, namun bukan berada di harddisk.

4. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebabnya:

  • Overheat (suhu pada komputer terlalu panas)
  • Overclocking yang berlebihan
  • Processor yang corrupt
  • BIOS komputer yang corrupt.

5. DATA_BUS_ERROR

Penyebabnya:

  • Slot atau memory (RAM) terdapat kerusakan.

6. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebabnya:

  • Terjadi kerusakan pada hardware komputer, terutama pada Memory (RAM), atau VGA, ataupun memory pada processor.

7. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebabnya:

  • Bisa disebabkan oleh posisi jumper pada harddisk yang salah, lalu bisa juga karena Driver IDE controller yang salah dan bisa terdapat Virus Boot sector.

8. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE Penyebabnya:

  • Terjadinya kesalahan pada saat installasi driver VGA.

9. BAD_POOL_CALLER

Penyebabnya:

  • Pada saat installasi OS terdapat kesalahan (biasanya terjadi pada Windows XP).

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7, 8, 10

Setelah kita ketahui pesan error dari Blue Screen atau BOSD yang spesifik, selanjutnya kita tinggal menerapkan cara mengatasinya secara umum baik di windows 7, 8 atau 10.

1. Gunakan Safe Mode dan System Restore

Kali ini kita akan memanfaatkan fitur safe mode yang ada pada windows. Cara ini cukup manjur dan sering digunakan oleh admin sendiri yang biasanya mengalami error seperti BSOD.

  • Pertama matikan komputer Sobat saat mengalami blue screen dengan menekan tahan tombol power. Pastikan hingga lampu indicator pada komputer sudah menandakan bahwa laptop benar-benar mati sepenuhnya
  • Nyalakan kembali dengan menekan tombol power, saat proses booting sedang bejalan tekan tombol F8
  • Setelah muncul menu Sobat pilih saja safe mode untuk masuk ke mode aman windows
  • Setelah masuk ke safe mode, klik Start > Control Panel > System & Security > Open System Restore > Pilih Next > Next lagi > kemudian pilih Finish > dan Yes
  • Setelah itu komputer akan melakukan restart, tunggu proses bootingnya sampai selesai dan muncul home screen seperti biasa. Cara pertama ini cukup efektif untuk memperbaiki komputer yang sering mengalami blue screen.

2. Gunakan metode Repair Windows

Jika telah mecoba menggunakan safe mode namun ternyata belum cukup untuk mengatasi blue screen. Kita akan menggunakan cara yang lebih lanjut yaitu dengan merepair windows nya agar error dan crash yang sering terjadi bisa hilang.

Namun untuk cara ini Sobat butuh CD berisi OS windows yang akan digunakan untuk merepair. Jika memang terdapat data windows yang corrupt, maka ini adalah solusi yang tepat.

3. Scan Virus dan Malware

Sobat masih belum menemukan solusi blue screen? Mungkin masalahnya ada virus dan malware yang mengganggu kinerja laptop tersebut. Nah, solusi tepatnya tentu saja dengan melakukan full scanning terhadap malware dan virus yang mungkin bersarang dikomputer sobat. Silahkan lakukan full scanning dengan antivirus andalan Sobat.

Baca juga: 5 Antivirus Terbaik

4. Lakukan pengecekan pada Hardware

Blue screen terjadi akibat adanya data yang crash, baik itu dari software maupun karena hardwarenya. Jadi pastikan semua komponen hardware dalam keadaan baik dan bekerja secara sempurna.

Jika terdapat komponen yang tidak bekerja dengan baik tentu akan menggangu performa laptop secara keseluruhan. Misalnya saja Harddisk yang mengalami bad sector atau RAM yang telah aus dan masalah lain sebagainya.

5. Lakukan Install Ulang pada Windows

Jika semua cara diatas tidak berhasil dan blue screen masih sering terjadi, cara terakhir yang bisa di lakukan adalah dengan melakukan install ulang windows.

Hal ini akan memperbarui sistem operasi secara keseluruhan sehingga jika ada bug ataupun corrupt pada data akan terperbaiki. Silakan lakukan install ulang windows Sobat, kalian bisa gunakan CD ataupun flashdisk untuk bootable.

Baca juga: Cara Install Windows 7

Selain menggunakan cara diatas, sebenarnya Sobat juga dapat mengetahui penyebab dari bluescreen dengan software seperti bluescreenview.

Dengan mengetahui penyebab blue screen tersebut, maka Sobat nantinya dapat lebih mudah melakukan tindakan yang benar saat kejadian.

Demikianlah Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows dengan Mudah. Jika Sobat masih ada kendala dalam proses mengatasi bluescreen windows 7,8 atau 10, silakan masukan pertanyaan saja dikolom komentar, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *