Cara Mengatasi HP Panas

Pada era zaman sekarang pasti kita merasa sulit lepas dari yang namanya ponsel pintar atau smartphone. Padahal tanpa kita sadari penggunaan smartphone bisa mengeluarkan panas karena ada gerakan listrik di dalamnya.

Sobat pasti risih dan khawatirkan apabila mendapati ponsel nya sudah terlalu panas atau overheat, padahal pemakainya tidak ekstrem dan biasa saja. Lantas Apasih yang menyebabkan smartphone menjadi cepat panas? dan bagaimana cara mencegahnya?

Penyebab Handphone Cepat Panas

Yang pertama, jika sobat bermain game yang menuntut banyak kinerja dari komponen ponsel, maka udara panas akan menyebar didalam ponsel. itu dikarenakan ponsel terus bekerja, terutama dalam pemakaian ekstrem seperti main game berat atau membuka banyak aplikasi sekaligus.

Jika suhu ponsel sampai terlalu panas maka akan menjadi masalah nantinya. Meski sebenarnya komponen ponsel dirancang khusus untuk menangani suhu tinggi, tapi jangan dibiarkan jika ponselmu sudah teralu panas.

Bila ponsel mendekati suhu yang berpotensi merusak, maka kecepatan prosessor akan berkurang, sehingga kecepatan operasi jadi lebih lambat atau lemot, bisa jadi sebagai salah satu tanda overheating atau terlalu panas. Jika perangkat kamu sering mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa menjadi penebabnya, seperti kerusakan pada baterai atau komponen lainya.

Hal yang sama bisa terjadi saat menjalankan aplikasi yang terlalu berat atau dalam keadaan multitasking sehingga membuat CPU bekerja lebih keras.

Selain itu, menjalankan fitur dan fungsi ekstra, seperti widget atau mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, atau apapun akan membuat ponsel juga butuh lebih banyak listrik dan menyebabkan panas. Dengan begitu, kamu perlu menjauhkan ponsel dari sinar matahari secara langsung.

Jika sobat tidak  terlalu banyak menggunakan ponsel dan masih sering mengalami overheat secara rutin, bisa jadi ada kerusakan perangkat keras pada smartphonemu, dan sebaiknya kamu bawa ke tempat service center.

Baca Juga: Cara Mempercepat Pengisian Baterai

Apabila smartphonemu mengalami maslah ini, jangan dibiarkan saja ya sob, karena kalau tetap dibiarkan, akan membuat komponen ponsel lainya mengalami kerusakan. Misalnya seperti mengurangi kapasitas baterai hingga memperpendek usia baterai.

Bahkan di beberapa kejadian peristiwa, pernah ada ponsel yang mendapati baterainya terbakar dan meledak. Hal ini bisa menjadi pengingat agar kita harus selalu merawat kesahatan baterai demi menghindari kejadian seperti serupa yang tidak di inginkan.

Cara Mencegah Handpone Cepat Panas

Setelah sobat membaca penyebab dari smartphone cepat panas diatas, sekarang giliran cara mencegah agar smartphone overheating tidak terjadi. Berikut tips dari admin tentang cara mencegah smartphone agar tidak cepat panas.

1. Jangan Meletakan HP Sembarangan

Jika kamu harus mengisi daya baterai dalam waktu lama, sebaiknya letakan ponsel dipermukaan yang keras dan dingin, bukan ditempat tidur atau sofa, dan jangan di bawah sinar matahari secara langsung, karena bisa menimbulkan smartphone cepat panas.

2. Operasikan Smartphone dengan Bijak

Selanjutnya untuk mencegah overheating, pastikan kamu tidak bermain game terlalu lama atau terlalu sering menonton video, juga hindari membuka banyak aplikasi sekaligus yang membutuhkan banyak tenaga saat memprosesnya.

Cara lainya adalah hindari penggunaan Bluetooth dalam waktu lama, dan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi jika stabil. karena Jaringan Wi-Fi yang tidak stabil juga akan menyebabkan kinerja ponsel meningkat untuk mencari sinyal dan menyebabkan suhu ponsel menjadi panas.

3. Matikan Aplikasi yang Tidak digunakan

Matikan aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Anda. Mengizinkan aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk berjalan di latar belakang menghabiskan baterai dan meningkatkan panas di ponsel Anda. Pada iPhone misalnya, yang harus Anda lakukan hanyalah menekan tombol home dua kali dan menggesek aplikasi.

Menutup ini tidak hanya menghemat baterai tetapi juga menurunkan seberapa keras telepon Anda bekerja, yang pada gilirannya menurunkan panas.


4. Gunakan Mode Pesawat

Yang ini sederhana, jika Anda tidak menggunakan ponsel Anda, putar ke mode pesawat atau matikan. Memasukkannya dalam mode pesawat akan memungkinkan Anda untuk terus menggunakan fungsi dasar di ponsel Anda, tetapi itu saja. Kedua opsi ini mempermudah menghemat baterai dan mencegahnya memanas.

5. Pilih Pelindung Smartphone yang Nyaman

Pengguna smartphone saat ini sering menggunakan pelindung smartphone berupa hardcase untuk meminimalisir kejadian tergores atau rusak saat terjatuh. Namun, perlu diperhatikan juga dalam memilih pelindung tersebut sob, karena apabila salah hanya akan mengurung udara panas di dalam ponsel. Jadi, merawat lebih baik timbang memperbaiki ya sob.

Akhir Kata

Demikian postingan kali ini tentang cara mencegah smartphone agar tidak cepat panas. Pesan admin sih jaga terus smartphone sobat agar tidak overheating, sebelum terjadi kejadian yang tidak di inginkan. Sekian seoga bermanfaat 🙂

Satu pemikiran pada “Cara Mengatasi HP Panas”

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!