Cara Screenshot di Laptop

Hai Sob, Beberapa waktu yang lalu sebenarnya admin telah memberikan info mengenai cara screenshot, namun di Android. Nah pada kesempatan kali ini admin kembali akan mengupas tentang cara Screenshot kembali, namun kali ini pada laptop.

Seperti yang telah kita ketahui, Screenshot adalah kegiatan mengambil atau menangkap tampilan layar ketika perangkat dalam kondisi sedang akitf. Kegiatan screenshot biasanya dilakukan ketika ada sesuatu yang menarik ataupun penting di layar perangkat kita.

Di perangkat Komputer atau Laptop sendiri, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan kegiatan Screenshot/Print Screen/Screen Capture ini. Sobat ingin tahu apa saja caranya untuk Screenshot dilaptop? Simak terus pembahasan kali ini sampai akhir ya.

Cara Efisien Screenshot di Laptop

Perlu Sobat ketahui bahwa Screenshot di laptop itu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari cara yang ribet sampai dengan cara yang simpel, bisa kita lakukan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Cara Efisien Screenshot di Laptop dengan Simpel tanpa Ribet, pastinya dapat menghemat waktu kerja dalam laptop.

Baca Juga : Berbagai Cara Screenshot di Android

Screenshot di Laptop Windows

Untuk melakukan Screenshot diwindows kita sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan. Disini saya akan memberikan cara dari mulai menggunakan fitur bawaan sampai dengan tambahan aplikasi.

Cara Screenshot Standar Windows

Yang pertama adalah cara standar, kenapa dikatakan standar? karena menurut saya hampir semua keyboard untuk Windows sudah menyertakan tombol khusus untuk mengambil Screenshot atau Print screen ini. Berikut cara Screenshot standar di Windows:

  1. Tekan tombol “PrtScn” (Tergantung type Laptop) untuk mengambil gambar dari seluruh layar laptop atau tekan tombol “Alt”+“PrtScn” untuk mengambil gambar dari layar windows yang sedang terbuka saja.
  2. Selanjtunya buka Software Paint atau Software lainnya yang ingin Sobat tempatkan gambar.
  3. Tekan tombol “Ctrl”+“V” untuk menaruh atau mempaste gambar tersebut.

Cara Screenshot menggunakan Snipping Tool

Snpping Tool merupakan Software bawaan dari windows. Jadi bagi para pengguna windows tidak usah repot-repot mendownload Software untuk Screenshot lagi jika ingin. Berikut cara Screenshot menggunakan Snipping Tool:

  1. Buka Software Snipping Tool ini, bisa Sobat cari dalam windows Sobat.
  2. Setelah terbuka, klik menu “New” dan langsung ambil kira-kira layar mana yang mau di Screenshot. Disini Sobat sebenarnya juga bisa mengatur jenis tangkapan layarnya, jadi memang bener mudah dipelajari.
  3. Setelah melakukan pemilihan layar, Sobat nanti juga bisa mengeditnya ataupun langsung menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

Cara Screenshot menggunakan Software Lightshot

Software ini merupakan Software favorit admin, karena hampir setiap hari admin menggunakanya, di satu sisi mudah dilakukan, dengan software ini juga dapat efisien waktu. Karena penggunaanya memang bener simpel tanpa ribet. Berikut cara Screenshot menggunakan Lightshot:

  1. Sobat bisa mendownload Software ini digoogle, sudah banyak kok, namana “Lightshot” Ukuran Softwarenya juga kecil.
  2. Setelah mendownload, silakan lakukan penginstalan Software tersebut.
  3. Setelah terinstal, Sobat bisa melakukan tangkapan layar dengan hanya menekan tombol “Prt Scr” (Tergantung type laptop ya) dan nanti langsung memilih layar yang akan ditangkap.
  4. Setelah memilih Sobat juga bisa mengeditnya terlebih dahulu atau bisa langsung melakukan penyimpanan jika ingin. Jadi semua proses saya rasa ini adalah cara paling efisein. Coba deh Sob.

Screenshot di Laptop Mac

Mengambil Screenshot di laptop bersistem operasi Mac juga tidak jauh berbeda dari Windows. Hanya saja, kombinasi tombol yang digunakan akan lebih banyak. Dan untuk menggunakan aplikasi tambahan juga ada, jadi tergantung pilihan Sobat.

Cara Screenshot Standar Mac

Cara standar sudah saya beritahukan adalah cara dengan hanya menggunakan shortcut keyboard bawaan, jadi kita bisa melakukan dengan cara sesuai dengan fitur bawaan. Berikut cara Screenshot standar di Mac:

  1. Untuk mengambil Screenshot dari keseluruhan layar, Sobat bisa menekan tombol “Command”+“Shift”+“3” secara bersamaan.
  2. Sedangkan untuk mengambilnya dari jendela atau area tertentu saja, silahkan tekan tombol “Command”+“Shift”+“4” secara bersamaan.

Dengan menggunakan cara langkah di atas, gambar Screenshot yang diambil akan disimpan secara otomatis di desktop dengan nama file default. Jika Sobat tidak ingin menyimpannya secara otomatis bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Tekan tombol “Control” bersamaan dengan kombinasi tombol Screenshot di atas.
  2. Buka Software yang ingin Sobat gunakan untuk menaruh gambar Screenshot.
  3. Tekan tombol “Command”+“V” untuk menaruh atau mempaste hasil tangkapan tersebut.

Cara Screenshot menggunakan Software Skitch

Sebenarnya di Mac juga bisa menggunakan “Lightshot” dan Sobat bisa mendownloadnya dan mencobanya seperti langkah di windows atas. Namun jika Sobat mencari Software alternativ lain bisa mencoba dengan Software “Skitch” ini. Software ini juga gratis digunakan. Berikut cara Screenshot menggunakan Software Skitch:

  1. Download Software Skitch terlebih dahulu.
  2. Install dan buka Software tersebut.
  3. Lakukan cara pengambilan tangkapan layar seperti biasa, bisa juga dengan pilihan custom dalam Software tersebut.
  4. Sobat bisa mengeditnya ataupun langsung menyimpan hasil tangkapan tersebut.
  5. Di Software ini juga memungkinan Sobat untuk mengunggah langsung hasil tangkapan layar Sobat ke internet.

Demikian artikel arahtekno kali ini tentang Cara Efisien Screenshot di Laptop dengan Simpel tanpa Ribet. Silakan Sobat bisa men-share artikel ini, barangkali Sobat yang lain juga membutuhkanya. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan