Komputer, Smartphone

Flash Nokia XL

Nokia XL kalian sedang mengalami masalah hang, lemot bahkan stuck di logo saat baru dihidupkan? Jika iya, Solusinya Sobat butuh cara flash Nokia XL yang akan dibahas pada artikel ini untuk dapat memperbaikinya.

Namun sebelum itu, Sobat sudah tahu persis mengenai spesifkasi Nokia XL RM-1030 ini belum? Jika Sobat sendiri merupakan pengguna nokia merk ini, pasti Sobat sudah paham betul dengan spesifikasi Hp ini.

Namun bagi Sobat yang belum tahu, admin akan memberikan ulasan spesfikasinya terlebih dahulu ya.

Spesifikasi Nokia XL RM-1030

Untuk informasi spek dari Nokia XL ini, bisa Sobat simak melalui gambar tabel dibawah ini.

Sesuai dengan gambar diatas, dengan fitur demikian, Hp Nokia XL ini untuk kepentingan bisnis atau sebagai hadiah buat adik kita sudah cocok dan cukup layak, apalagi ditambah dengan kualitas baterai dari nokia yang sudah tidak diragukan lagi kehematanya.

Untuk harga Nokia XL sendiri, saya tidak bisa mematokan harga tepatnya, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk pasaranya sendiri sekarang bisa dibilang mulai dari Rp.900.000 hingga 1.550.000, tergantung tempat Sobat membelinya.

Flash Nokia XL via X Flasher

Bagi kebanyakan orang, melakukan flash Hp pasti terdengar sulit untuk dilakukan. Apalagi jika dalam melakukan flash kita melakukanya sendiri tanpa dibantu oleh orang lain. Pastinya rasa khawatir akan kegagalan sangat besar.

Nah, bagi Sobat yang sedang khawatir akan hal itu, Sobat tenang saja, karena jika Sobat mengikuti cara flash Hp nokia XL ini sampai selesai, pasti proses akan berjalan lancar dan berhasil.

Aktivitas melakukan flash Hp sendiri juga memiliki keuntungan, seperti dapat hemat biaya, karena Sobat tidak perlu harus membawa Hp ketempat service. Bahkan Sobat juga bisa mendapat uang jika membantu teman Sobat yang mengalami masalah seperti Sobat tersebut nanti.

Bahan Flash Nokia XL RM-1030

Sebelum Sobat melangkah ke cara flashing Nokia XL, Sobat perlu menyiapkan beberapa bahan flash melalui link dibawah ini.

Nama FileUkuranLink Download
Firmware Nokia XL RM-1030531 MBGoogle Drive
Nokia XL RM-1030 USB Driver9 MBGoogle Drive
Nokia X Flasher883 KbGoogle Drive

Baca juga: Flash Nokia X

Langkah Flash Nokia XL RM-1030 via X Flasher

Jika Sobat sudah mengunduh file-file bahan Flash Nokia RM-1030 diatas, selanjutnya silakan ikuti langkah-perlangkah cara flashing dibawah ini:

  1. Langkah pertama, pastikan Nokia XL Sobat dalam keadaan off dan baterai terpasang dengan minimal daya 50%.
  2. Selanjutnya masuk ke mode fastboot dengan menekan dua tombol bersamaan (sekitar 15 detik), yaitu:
    • Tombol Volume Down
    • Tombol Power.
  3. Lalu hubungkan kabel data USB dari komputer ke Hp Nokia XL.
  4. Lakukan install driver Nokia XL, agar komputer dapat mendeteksi Hp Sobat.
  5. Lakukan instalisasi juga software Nokia X Flasher lewat link download diatas, dan buka X flasher tersebut.
  6. Jika sudah terbuka, klik ‘Detect Device Manually’ nanti pada menu log akan terdeteksi sebagai Fastboot.
  7. Setelah Nokia XL terdeteksi, maka kolom Files sebelah kanan sudah bisa di-klik, silakan isi kolomnya seperti opsi dibawah ini:
    • system: _system.img
    • boot: _boot.img
    • recovery: _recovery.img
    • data: _userdata.img
    • cache: _cache.img
    • preload: _preload.img
  8. Setelah semua terisi, kemudian klik tombol Start Flashing.
  9. Tunggu proses flashing berjalan.
  10. Setelah proses selesai klik tombol Reboot, dan cabut kabel data USB dari Hp Nokia.
  11. Selesai.

Baca Juga: Flash Nokia E63

Cara Mencegah Terjadi Mati Total pada Hp Nokia XL

Nah, sebagai pengalaman saja ketika Hp Nokia XL Sobat sudah kembali normal, ataupun bagi Sobat yang tak ingin terlanjur mendapati masalah Hp Bootloop atau mati total, Sobat dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Sabar Menungu Pengisian Baterai

Yang pertama usahakan Sobat untuk menunggu pengisian baterai Nokia XL sampai 100% dulu. Jadi jika baterai belum terisi full, jangan biasakan untuk mencabut pengisian baterai.

2. Hindari Asal Melepas Baterai

Melepas baterai dalam keadaan Hp menyala sama artinya dengan memaksakan sistem operasi pada Hp Nokia XL untuk diputus secara tiba-tiba. Hal semacam ini nantinya jika sering dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, bahkan komponen-komponen Hp Nokia kalian.

3. Selektif dalam Mengunduh dan Menginstall Aplikasi

Sobat juga harus selektif dan tidak sembarangan dalam men download dan menginstall sebuah aplikasi. Jadi jika ingin melakukan pengunduhan suatu aplikasi, teliti terlebih dahulu aplikasi tersebut apakah sekiranya aman untuk dipakai di Hp Nokia Sobat atau tidak.

Cukup sekian artikel Arahtekno kali ini tentang cara flash Nokia XL RM-1030. Jika Sobat sekalian mendapati masalah ditengah proses flash, ataupun masih bingung terhadap cara flashing, silakan bisa tanyakan saja pada kolom komentar. Semoga bermanfaat.