Flash Samsung J1

Hp Samsung Galaxy J1 kesayanganmu sedang mengalami bootloop atau mati total? Solusi jalan satu-satunya adalah dengan melakukan flash samsung J1 yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Selain bootloop, masalah lain yang bisa diatasi dengan flashing adalah seperti seringnya muncul notifikasi aplikasi terhenti pada Samsung Galaxy J1, hal ini membuat Hp samsung J1 mengalami lemot, bahkan bisa hang disaat sedang digunakan.

Namun Sobat tidak usah khawatir, seperti yang telah saya tulis diatas bahwasanya admin akan mengulas mengenai cara flash Hp Samsung, yang besar kemungkinan dapat memperbaiki permasalahan-permasalahan Sobat sekalian.

Flash Samsung Galaxy J1 SM-J100H

Pada artikel ini saya akan menggunakan bantuan Odin untuk melakukan flash Samsung J1. Nah, jika Sobat sudah yakin akan melakukan flash, nantinya semua aplikasi yang diinstal dan data-data pada Hp Sobat semuanya akan hilang.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan backup atau pencadangan semua data penting Sobat telebih dahulu ya.

Bahan Flash Samsung J1

Sebelum melangkah kecara flashing, silakan Sobat unduh dulu bahan-bahan flash samsung j1 melalui link dibawah ini:

Cara Flash Samsung j1 via Odin

Jika semua bahan flash sudah diunduh, dan semua data pada Hp Samsung J1 mu sudah dibackup atau dicadangkan, selanjutnya mari kita melangkah ke langkah flashing.

  • Pertama, silakan Sobat buka software flash ODIN yang telah diunduh tadi.
  • Lalu matikan Hp Samsung J1 Sobat dan coba nyalakan kembali, di ikuti masuk ke mode Download dengan cara menahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan.
  • Setelah masuk kedalam mode download maka selanjuntya Sobat bisa melepaskan tombol tadi, dan jangan tekan tombol apapun.
  • Selanjutnya hubungkan Hp Samsung J1 Sobat ke PC/Laptop menggunakan kabel data, tunggu sampai Samsung J1 terdeteksi.
  • Tekan tombol Volume Atas, jika terdeteksi nanti pada Odin akan ada notifikasi. Selanjutnya Sobat bisa pilih pilihan terisi otomatis. Namun jika Hp belum terhubung mungkin kesalahan ada pada kabel data Sobat, coba ganti kabel data tersebut.
  • Jika sudah terhubung, silakan Sobat cari firmware yang sudah di download tadi dan masukan pada software Odin.
Baca juga: flash samsung j2
  • Biasanya file firmware yang terdownload akan berbentuk rar atau zip, ekstrak dulu file tersebut, nanti akan ada file yang ber ekstensi MD5, file dengan ekstensi itulah yang akan ditanamkan pada Hp Samsung J1 Sobat.
  • Kembali ke software Odin dan pastikan enable ceklist pada pilihan Auto Reboot, F. Reset Time. Kemudian masukkan firmware hasil downloadan Sobat dengan mengklik AP kemudian cari file beresktensi Tar.MD5. Jika sudah, kemudian tinggal pilih Ok dan Start, maka proses flash Samsung J1 akan berlangsung.
  • Tunggu proses flash sampai selesai dan HP samsung Sobat akan reboot/restart secara otomatis.
  • Selesai, dan HP Samsung J1 Sobat telah berhasil di flash.

Cara Mencegah Terjadi Bootloop pada Hp Samsung J1

Nah, sebagai bekal saja ketika Hp Samsung J1 Sobat sudah kembali normal, ataupun bagi Sobat yang tak ingin terlanjur mendapati masalah Hp Bootloop atau mati total, Sobat dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Sabar Menungu Pengisian Baterai

Yang pertama usahakan Sobat untuk menunggu pengisian baterai sampai 100% dulu. Jadi jika baterai belum terisi full, jangan biasakan untuk mencabut pengisian baterai.

2. Hindari Asal Langsung Melepas Baterai

Melepas baterai dalam keadaan Hp menyala sama artinya dengan memaksakan sistem operasi pada Hp Samsung untuk diputus secara tiba-tiba. Hal semacam ini nantinya jika sering dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, bahkan komponen-komponen Hp Samsung kalian.

3. Selektif dalam Mengunduh dan Menginstall Aplikasi

Sobat juga harus selektif dan tidak sembarangan dalam download dan menginstall sebuah aplikasi. Jadi jika ingin melakukan pengunduhan suatu aplikasi, teliti terlebih dahulu aplikasi tersebut apakah sekiranya aman untuk dipakai di Hp atau tidak.

Demikianlah artikel Arahtekno kali ini mengenai cara flash Samsung J1 via Odin. Bila Sobat sekalian mengalami masalah seputar flashing diatas, silakan bisa tanyakan saja dikolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan komentar