Manfaat website bagi perusahaan
Internet

5 Manfaat Website bagi Perusahaan: Cocok bagi Branding

Di era transformasi digital yang sudah mulai berubah dan berkembang pesat, perlunya dan pentingnya mengenal manfaat website bagi perusahaan.

Website sendiri bukan hanya dijadikan sebagai “mading digital online“, melainkan efektivitas penggunaannya lebih dari itu. Website dapat dijadikan sebagai branding.

Apalagi, banyak orang maupun pengguna saat ini mencari sesuatu maupun informasi melalui internet. Salah satu contohnya melalui jembatan search engine, seperti Google, Bing, dan masih banyak lagi lainnya.

Di sisi lain, tidak ada informasi jika tidak ada wadahnya, yakni website. Maka dari itu, keberadaan website di abad ke-21 sangat penting dan vital.

Berikut ini ragam manfaat website bagi perusahaan yang sangat penting, apalagi yang bersiap untuk menyukseskan go digital bagi industri maupun perusahaan.

Daftar Isi

1. Media Informasi secara Lengkap

Media informasi

Manfaat website bagi perusahaan yang pertama tentunya tidak terlepas dari yang namanya company profile atau profil perusahaan.

Company profile atau biasa dikenal dengan profil perusahaan menjadi salah satu hal penting yang harus dibuat dan dimiliki oleh perusahaan.

Tanpa adanya company profile, pengguna maupun customer tak bisa mengetahui secara detail informasi perusahaan yang dibangun, apa produk yang ditawarkan, dan lainnya.

Biasanya, company profile berisikan informasi mengenai perusahaan, visi dan misi, hingga memberi tahu kepada audience terkait suatu produk ataupun layanan yang dimiliki.

Company profile memiliki manfaat tersendiri bagi perusahaan, seperti:

  • Mampu menciptakan atau menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan
  • Sebagat salah satu alat atau media pemasaran
  • Mampu memperkuat branding
  • Memberikan gambaran umum perusahaan

2. Membantu Meningkatkan Visibilitas dan Kredibilitas Perusahaan

Visibilitas perusahaan

Visibilitas ini sendiri biasanya terkait dengan hal-hal yang dapat dicari, di mana kemudahannya dicari sangat baik.

Sementara itu, kredibilitas perusahaan lebih terkait dengan hal-hal yang bersifat profesionalisme, di mana setiap informasi yang ada dapat dipertanggungjawabkan kepastiannya dan kebenarannya.

Perusahaan yang memiliki website sendiri secara otomatis akan mudah ditemukan oleh orang-orang di seluruh dunia melalui mesin pencari.

Bahkan, adanya website perusahaan juga dapat dijadikan sebagai bukti jika perusahaan tetap berjalan, eksis, dan terpercaya.

Apalagi, biaya sewa hosting dan domain per tahunnya cukup murah, hanya kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah saja. Apabila di-breakdown bulanan maupun harian, kebutuhan tersebut tidak akan mengganggu maupun tidak membebani biaya operasional perusahaan itu sendiri.

Baca juga: Alasan Mengapa Domain Penting untuk Bisnis

3. Memudahkan Audience Maupun Customer dalam Menemukan Produk atau Layanan yang Dimiliki

Market audience

Manfaat website bagi perusahaan yang selanjutnya bukan hanya serta-merta sebagai media branding saja, melainkan juga lebih dari itu, yakni promosi dan marketing.

Misalkan, website tersebut bergerak di bidang telekomunikasi, maka produk yang ditawarkan, seperti:

  • Internet Service Provider (ISP)
  • WiFi hotspot
  • Router
  • Kartu prabayar dan pascabayar
  • dan masih banyak lagi lainnya

Sementara itu, di lain sisi, jika website tersebut tentang website jasa atau layanan, misalkan jasa social media management (SMM), seperti:

  • Jasa meningkatkan followers
  • Jasa meningkatkan likes
  • Jasa meningkatkan views
  • dan masih banyak lagi lainnya

Jadi, dengan adanya website tersebut, informasinya bisa disampaikan dengan jelas alias secara clear.

Sehingga, tidak akan terjadi yang namanya miskomunikasi, hingga mispersepsi, antara perusahaan dan customer.

Keduanya, baik itu perusahaan dan customer dapat menjalin hubungan baik, bahkan after sales yang jauh lebih sehat lagi ke depannya.

4. Penyedia Informasi Valid dan Resmi

Informasi valid

Di mana zaman semakin berkembang, apalagi di abad ke-21 ini, penggunaan teknologi semakin masif. Di lain sisi kejahatan teknologi juga semakin marak terjadi.

Hal yang biasa terjadi ialah tindakan penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tertentu. Di lain sisi, masih banyak orang-orang maupun pengguna yang tertipu.

Maka dari itu, pentingnya website perusahaan sebagai salah satu upaya pembeberan informasi valid dan resmi.

Informasi valid dan resmi yang dapat menjadi pertimbangan, seperti:

  • Informasi alamat kantor pusat, kantor cabang, hingga kantor operasional
  • Layanan kontak yang dapat dihubungi, seperti email, nomor telepon, hingga faksimile
  • Pengumuman penting terbaru sesuai dengan kondisi perusahaan yang dapat dipercaya
  • dan masih banyak lagi informasi yang lainnya

Sehingga, website perusahaan yang resmi tersebut dapat dijadikan sebagai referensi maupun rujukan terpercaya untuk audience maupun customer dalam menggali informasi.

Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka audience dapat membandingkan atau melakukan compare. Di sisi lain, perusahaan juga bisa melakukan cross check secara mendalam.

5. Meningkatkan Kualitas Layanan

Kualitas layanan

Manfaat website bagi perusahaan yang terakhir ialah mampu meningkatkan kualitas layanan, sehingga hubungan baik antara perusahaan dengan customer dapat terjalin secara jangka waktu yang panjang.

Di dalam media online, salah satu contohnya website, maka harus terus tersambung dengan pelanggan tanpa harus ada batasan waktu.

Informasi atau promo yang dipasang di website dapat diakses kapanpun dan di manapun oleh pelanggan saat sedang mengunjungi website tersebut.

Untuk meningkatkan layanan, website tersebut dapat “dipermak” sedemikian rupa dengan cara:

  • Fitur live chat untuk saling berinteraksi seru secara real-time
  • Laman tanya jawab contohnya frequently asked question (FAQ)
  • Forum yang dapat dijadikan sebagai wadah diskusi
  • dan masih banyak lagi lainnya

Baca juga: Kelebihan WordPress Dibandingkan Blogger

Akhir Kata

Website

Melihat dari berbagai macam poin di atas, manfaat website bagi perusahaan tidak perlu diragukan lagi. Apalagi, demi eksistensi di tengah majunya zaman dan teknologi.

Website menjadi pilihan mudah dan minim risiko agar bisnis maupun perusahaan dapat dikenal secara luas secara multinasional, hingga global.

Walaupun demikian, perusahaan juga harus segera mempertimbangkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang information technology (IT) yang ahli untuk membantu mengelola dan me-maintenance website itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *