Pengertian LAN MAN WAN

Sobat lagi cari refrensi mengenai pengertian LAN MAN WAN? Jika iya, Sobat telah masuk situs yang tepat! karena disini admin telah merangkum penjelasan tersebut.

Artikel ini bisa kalian pahami baik untuk tugas sekolah, kuliah ataupun untuk sekedar menambah pengetahuan Sobat. Yang terpenting, silakan baca dengan teliti agar tidak salah paham.

Pengertian LAN MAN WAN Beserta Gambar

Ada 3 pembahasan kali ini yang akan admin sampaikan, dari pembahasan LAN, MAN dan WAN, fungsi jaringannya, perangkatnya, daftar keuntungan dan kerugianya, sampai dengan contoh penerapanya.

1. Pengertian LAN

gambar LAN

LAN atau kepanjangan dari Local Area Network adalah suatu jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal. Jadi maksudnya jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di area LAN saja.

Karakteristik Jaringan LAN

  1. Jaringan area yang terjangkau paling kecil dibandingkan jaringan MAN dan WAN.
  2. Lan tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  3. Biasanya digunakan untuk penggunaan jaringan pribadi.
  4. Administrasi dilakukan melalui administrator lokal.

Keuntungan Menggunakan Jaringan LAN

Menggunakan jaringan LAN mempunyai banyak keuntungan, seperti lebih irit pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, dan keuntungan akan koneksi transfer data antar node dan komputer bekerja dengan cepat.

Kerugian Menggunakan Jaringan LAN

Dengan memilih menggunakan jaringan yang satu ini ada beberapa kekurangannya, seperti cakupan wilayah koneksi yang terbatas, sehingga hal tersebut menjadi salah satu kekurangan dari jaringan LAN.

Komponen Jaringan LAN

Komponen jaringan LAN

Jaringan LAN seringkali dibantu dengan beberapa perangkat tambahan, diantaranya perangkat jaringanya adalah sebagai berikut:

  1. Router.
  2. Switch.
  3. Hub.
  4. Bridge.
  5. Repeater.
  6. Network Interface Card atau NIC.
  7. Kabel UTP atau Kabel RJ-45.

Contoh Penerapan Jaringan LAN

Biasanya jaringan LAN banyak digunakan dalam sebuah jaringan perkantoran yang dikelola oleh pemilik jaringan, penggunanya tidak terlalu banyak, sehingga cocok diterapkan dalam lingkungan perkantoran.

Penerapan jaringan LAN juga ada pada kebanyakan warnet jaman sekarang. Dengan memanfaatkan Topologi Star, dan komputer client yang dapat terhubung dengan server, jaringan LAN bisa dibuat.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Internet 

2. Pengertian MAN

Gambar MAN

MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area lebih luas dan lebih canggih dari semua jaringan komputer berjaringan jenis LAN.

Mengapa jaringan MAN dikatakan bisa mencakup area yang lebih luas? Jawabannya karena MAN sendiri biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lainnya.

Fungsi Jaringan MAN

Jaringan MAN memiliki fungsi dan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna jaringan. Misal, jika kalian bekerja di kantor pemerintahan tentunya akan banyak berkas yang diperlukan. Nah, pastinya akan tidak efisien jika menggunakan LAN yang memang basisnya hanya mencakup wilayah tertentu saja.

Dengan memanfaatkan jaringan MAN lalu kalian menggunakan aplikasi chat maka hal tersebut adalah langkah yang pastinya lebih cepat & efisien. Meski begitu, tetap saja ada kekurangan dan kelebihan dari jaringan MAN.

Keuntungan Menggunakan Jaringan MAN

Berbeda dengan jaringan LAN, jaringan MAN sendiri dapat mencakup wilayah atau area yang lebih luas sehingga untuk berkomunikasi dengan internet menjadi lebih efisien.

Jaringan MAN juga mempermudah Sobat dalam hal berbisnis. Bahkan, keamanan berkomunikasi menggunakan jaringan ini juga menjadi lebih terjaga alias lebih aman.

Kerugian Menggunakan Jaringan MAN

Meskipun bertelekomunikasi dengan jaringan ini bisa dibilang cukup aman, namun ternyata jaringan MAN mudah dirusak oleh seseorang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi. Bahkan, untuk memperbaiki jaringan MAN ini juga memerlukan waktu yang cukup lama.

Contoh Penerapan Jaringan MAN

Karenakan cakupan wilayah jaringan yang luas dan juga update yang real-time. Maka kebanyakan penggunaan jaringan MAN adalah dari sekolah, pabrik, kantor dan lainnya.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet 

3. Pengertian WAN

Gambar WAN

WAN atau bisa disebut Wide Area Network adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah super luas dan menggunakan teknologi yang super canggih apabila dibandingkan dengan jaringan LAN maupun MAN.

Tidak tanggung-tanggung, jaringan ini sendiri biasanya digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain. Bahkan, dari suatu benua ke benua lainnya.

Jaringan WAN dihubungkan dengan menggunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah ataupun di jalur bawah laut untuk dapat menghubungkan ke berbagai negara.

Keuntungan Menggunakan Jaringan WAN

Selain lebih bagus daripada jaringan LAN ataupun MAN, jaringan WAN ini tentunya memiliki cakupan wilayah jaringan yang sangat luas. Adapun teknologi yang lebih canggih sudah tentu ditanamkan di mekanisme ini.

Otomatis hal tersebut juga membuat jaringan WAN dapat terhubung dengan lebih rahasia dan lebih aman. Karena cakupannya bisa membentang antar benua, maka hal ini juga mempengaruhi kemudahan dalam urusan berbisnis.

Kerugian Menggunakan Jaringan WAN

Teknologi yang lebih canggih, cakupan yang lebih luas, serta keamanan yang lebih terjaga pastinya membutuhkan biaya operasional yang tidak murah. Karena hal itu, biaya adalah hal utama yang menjadi pertimbangan dalam membuat sebuah jaringan WAN.

Komponen Jaringan WAN

Komponen yang digunakan pada jaringan WAN terdiri dari 2 jenis komponen, yakni sebagai berikut:

  • Kabel Transmisi, fungsinya yaitu untuk mentransfer bit-bit dari komputer ke komputer lainnya
  • Elemen Switching, adalah sebutan untuk komputer khusus yang digunakan sebagai penghubung kabel-kabel transmisi

Jadi alurnya ketika data dikirimkan ke kabel receiver atau penerima, nantinya Element Switching inilah yang bertugas untuk memilih kabel yang digunakan dalam proses pengiriman bit tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri 

Akhir Kata

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang Pengertian LAN, MAN, dan WAN. Jika Sobat masih bingung ataupun ada pertanyaan mengenai artikel ini, bisa masukan saja pada kolom komentar dibawah.

Jangan lupa Sobat untuk share artikel ini agar mereka dapat mengetahuinya juga yaa. Terima kasih 🙂

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan komentar