SD Card Tidak Terbaca

Hai Sobat Arahtekno, Kalau Sobat merupakan pecinta gadget, pasti Sobat sudah tidak asing lagi dengan kata SD Card. Media yang satu ini pasti sering Sobat jumpai di mana saja, mulai dari pada smartphone, pada kamera, hingga pada laptop. Namun bagi Sobat yang masih belum tahu apasih SD Card ini. Coba deh, Sobat baca terus artikel ini pokoknya sampai selesai biar tau.

Apa itu SD Card?

SD sendiri kepanjanganya adalah Secure Digital, yang merupakan Memory Card flash ultra kecil yang dirancang untuk menyediakan memori berkapasitas tinggi dalam ukuran yang kecil. Media penyimpanan data portabel ini pertama kali dipasarkan untuk umum pada tahun 1999 yang pada awalnya merupakan proyek gabungan dari tiga perusahaan elektronik besar, yaitu SanDisk, Panasonic (Matsushita), dan Toshiba pada masa itu.

Itu adalah pengertian dari SD Card sendiri. Tidak sampai disitu saja, memory kecil ini juga mempunyai jenis-jenisnya Sob. Apasajakah itu?

Jenis-jenis SD Card

Sampai pada saat ini sudah terdapat tiga jenis SD card yang bisa Sobat dapatkan di pasaran, yaitu jenis SDSC, SDHC, dan SDXC. Perbedaannya terdapat pada format file system bawaan yang digunakan, serta kapasitas maksimum dari jenis tiap memory tersebut. Lebih lengkapnya perbandinganya sebagai berikut:

  • SDSC (Secure Digital Standard Capacity) adalah tipe SD card paling awal. Jenis ini memiliki kapasitas maksimal senilai 4 GB dan menggunakan file system FAT16.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity) diluncurkan pada tahun 2006 lalu, dan mempunyai kapasitas maksimal 32 GB dan menggunakan file system FAT32.
  • SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) adalah versi terbaru hingga saat ini, SD card ini menggunakan file system exFAT, dengan kapasitas hingga maksimal hingga 2 TB.

Manfaat Menggunakan Memory SD Card

Nah setelah Sobat mengetahui apa itu SD Card, dan jenis-jenis nya, sekarang Sobat patut untuk mengetahui juga manfaat dari menggunakan SD Card ini. Apa sajakah itu? Berikut manfaat menggunakan Memory SD Card:

  1. Dapat digunakan untuk menyimpan file atau sebagai direktory penyimpanan Aplikasi.
  2. Dapat digunakan juga sebagai directory dari folder kamera.
  3. Dapat digunakan sebagai media untuk menyimpan data hasil dari backup sistem.

Itu adalah beberapa dari banyaknya manfaat dari Memory SD Card. Jadi penggunaan Memory SD Card ini sebenarnya cukup menguntungkan bagi kita. Mungkin untuk info dari kartu memory ini cukup itu, sekarang kita kembali ketopik masalah utama.

Kenapa SD Card Bisa Sulit Terbaca?

Sudah menjadi hal yang biasa ketika kita mendengar namanya SD Card yang sulit terbaca atau terdeteksi ketika kita akan menggunakanya. Sebenarnya ada banyak faktor mengenai kejadian ini, dari faktor karena SD Card sudah lama tidak digunakan, atau bisa karena kendala faktor seperti ini:

  • Terlalu Sering Transfer Data dari Laptop atau Sebaliknya.
  • Terburu-buru Ketika Mencabut SD Card.
  • SD Card Kotor Terkena Debu.
  • SD Card Basah Terkena Air.
  • SD Card Terinfeksi Virus.

Nah dari berbagai alasan mengenai masalah memory ini seperti kendala diatas. kali ini admin Arahtekno akan mengkupas cara-cara atau tips untuk memperbaiki Memory SD Card yang sulit untuk terbaca.

Baca juga : Cara Merawat Hardisk Laptop

Memperbaiki Memory SD Card yang Tidak Terbaca

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menangani SD Card yang sulit terbaca, dari cara yang mudah sampai dengan cara yang beresiko. Hal ini tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa memory SD Card Sobat benar-benar telah rusak. Tentu kita harus coba dengan tips-tips ini, siapa tau bisa memperbaiki SD Card Sobat. Berikut Cara Mudah Memperbaiki Memory SD Card yang Tidak Terbaca.

Baca Juga : Cara Backup Chat di Aplikasi LINE

Bersihkan Konektor SD Card

Jika SD Card Sobat tidak terbaca maupun terdeteksi saat dimasukkan ke dalam smartphone, langkah pertama yang bisa Sobat lakukan adalah membersihkan konektornya, caranya sebagai berikut:

  1. Matikan Smartphone Sobat, lalu keluarkan SD Cardnya.
  2. Balik SD Card, di situ ada konektor (lempengan tembaga berwarna kuning).
  3. Lalu coba Sobat bersihkan lempengan tembaga kuning tersebut dengan menggunakan penghapus karet atau pembersih telinga, dan gosok sampai bersih.
  4. Pastikan juga pembersihnya benar-benar bersih juga ya Sob.
  5. Lalu pasang kembali ke Smartphone Sobat.
  6. Sekarang Sobat tes apakah sudah terbaca atau belum.

Pasang SD Card di Smartphone Lain

Langkah kedua adalah langkah yang paling mudah dilakukan, yaitu dengan cara mencoba SD Card di smartphone lain. Hal ini akan mengetes apakah kerusakan memang terjadi pada SD Card Sobat atau malah pada konektor pada smartphone Sobat.

Caranya Sobat tinggal masukkan SD Card yang sudah di cabut dan masukkan ke smartphone lain, lalu tes apakah SD Card tersebut dapat terdeteksi dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Lakukan Pengecekan SD Card di Laptop atau Komputer

Langkah selanjutnya Sobat juga bisa melakukan pengecekan SD Card melalui laptop atau komputer. Caranya sebagai berikut:

  1. Hubungkan Smartphone Sobat ke laptop atau komputer dengan kabel USB data.
  2. Jika sudah terhubung, Sobat ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC).
  3. Klik kanan pada drive SD Card Sobat, lalu pilih properties.
  4. Lalu pilih menu Tools, dan Sobat klik Error Checking.
  5. Eject drive Sobat, dan cabut kabel datanya.
  6. Sekarang coba cek, apakah sudah terbaca atau belum.

Format SD Card Melalui Smartphone

Kalau Sobat sudah mencoba cara diatas namun masih juga belum terbaca, sekarang Sobat bisa mengambil langkah yang cukup resiko, karena akan menghilangkan data pada SD Card.

Sobat bisa melakukan pemformatan SD Card Sobat dengan cara paling mudah tentu tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. yaitu cukup dengan melakukan format SD Card melalui Smartphone Sobat sendiri. Caranya sebagai berikut:

  1. Pastikan SD Card Sobat sudah terhubung dengan smartphone yang Sobat gunakan.
  2. Lalu pergi ke menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive SD Card Sobat.
  3. Selanjutnya Sobat pilih menu Storage settings > Format > Erase & format.
  4. Tunggu proses hingga selesai dan pilih Done.
  5. Terakhir, Sobat tinggal cek SD Card apakah sudah terformat dan kembali normal atau belum.

Melakukan pemformatan sebenarnya berbeda-beda disetaip Smartphone. Namun untuk caranya pastinya tidak berbeda jauh dengan cara seperti diatas.

Format SD Card Melalui Laptop atau Komputer

Cara terakhir yang dapat Sobat lakukan adalah dengan memformat melalui Laptop atau Komputer untuk hasil yang lebih terjamin. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sambungkan Smartphone Sobat ke laptop ataupun PC dengan kabel USB data.
  2. Lalu buka Explorer (Windows + E).
  3. Lalu Sobat klik kanan pada SD Card dan Klik format.
  4. Lakukan langkah format SD Card dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika sudah maka lakukan pengecekan dan pastikan apakah SD Card sudah bisa dipakai atau belum.

Setelah Sobat mencoba kelima cara diatas, namun masih belum ada hasil, berarti kemungkinan memang SD Card Sobat sudah tidak layak pakai atau rusak dan harus menggantinya dengan yang baru.

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang Cara Mudah Memperbaiki Memory SD Card yang Tidak Terbaca. Silakan dicoba tips diatas di gadget kesayangan Sobat. Jika masih mendapat kendala ataupun masalah menangani perkara diatas, masukan dikolom komentar kendalanya ya. Semoga bermanfaat 🙂

2 pemikiran pada “SD Card Tidak Terbaca”

Tinggalkan komentar