Tips Membeli Laptop

Hai sob, Setelah sebelumnya admin telah memposting cara merakit komputer sesuai dengan prosedur yang baik. Kali ini admin bakal ngasih artikel tips tentang membeli laptop baru agar tidak nyesel setelah membelinya. Terutama bagi sobat yang bingung mau pilih-pilih laptop.

Seperti yang telah diketahui pilihan membeli laptop dengan harga terjangkau, spesifikasi sesuai dengan kebutuhan, dan kualitas laptop yang baik merupakan pertimbangan awal sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Maka dari itu Yang paling penting adalah menyesuaikan kapasitas laptop sesuai dengan tujuan dan anggaran yang dimiliki.

Banyak sudah jenis laptop di pasaran, seperti Netbook, Notebook, dan Laptop itu sendiri. Nah mungkin masih ada yang belum paham tentang perbedaan spesifikasi tersebut. Berikut ini gambaran umum perbedaannya:

  • Netbook, ukuran layarnya hanya 6-13 inchi, tidak memiliki spesifikasi yang tinggi,  processor kelas menengah ke bawah. Ciri lainnya yaitu tidak terdapat DVD ROM.
  • Notebook, ukurannya layar 13.1 inchi, spesifikasi sudah mewadahi dan hampir setara PC biasa, untuk processor sudah cukup memadai, harddisk juga sudah cukup besar kapasitasnya, dan dibekali DVD-ROM.
  • Laptop, memiliki ukuran lebih besar layar bisa sampai 18 inchi, bobotnya juga lebih berat. Namun, semakin kesini sudah semakin sulit membedakan laptop dengan notebook, karena notebook bisa dikatakan merupakan regenerasi dari laptop pada masa sekarang.

Laptop baru sebenarnya sudah mempunyai kualitas dan spesifikasi standar dari pabrik. Jadi sobat tidak perlu meragukan hal tersebut. Mungkin yang masih perlu menjadi pertimbangan adalah membeli laptop baru tersebut sesuai dengan kebutuhan. Hal ini terkait dengan harga laptop itu sendiri.

Penggunaan laptop dalam sehari-hari yang paling sering adalah untuk penggunaan standar perkantoran. Untuk penggunaan ini jenis Standar Performance laptop paling cocok digunakan. Laptop Standar Performance ini hanya dipakai untuk kebutuhan komputasi standar, seperti aplikasi Office, aplikasi email, browsing, musik, dan video.

Hardware pendukungnya pun standar, tidak seperti yang diperlukan untuk laptop high performance. Setelah memahami jenis Netbook, Notebook dan Laptop di atas, Selanjutnya adalah membeli sesuai dengan kebutuhan.

Inilah beberapa tips berikut yang bisa menjadi panduan sobat dalam membeli laptop:

Kamu harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kalau yang namanya keinginan, biasanya tak akan ada habisnya. Sebagai contoh, kamu ingin membeli laptop merk ternama, memiliki layar yang tajam, bobotnya super ringan, dan bisa dipakai untuk bermain game. Sedangkan kebutuhanmu yang sebenarnya hanyalah sekedar mengetik di word processor seperti microsoft word dan sejenisnya.

Jika yang terjadi seperti ini, sebaiknya FOKUS pada laptop dengan fungsi yang memang dibutuhkan, dan seperti yang kita tahu, kebutuhan setiap orang akan laptop pastinya berbeda-beda.

Itulah sebabnya, kita tidak bisa menyamakan antara cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa dengan karyawan. Karena kebutuhan keduanya akan laptop sangatlah berbeda. Jadi intinya, fokus saja pada kebutuhan, dan beli laptop sesuai kebutuhan tersebut agar kantong tak sampai bolong.

Mencari Informasi Range Harga Laptop

Kalau sudah ada gambaran akan laptop yang ingin dibeli, saatnya mencari tahu range harga pasaran dari laptop tersebut. Kamu bisa mencari informasi tersebut di google, forum, komunitas, atau bisa juga dengan cara bertanya pada teman terdekat. Tujuan dari langkah ini pastinya tidak lain adalah untuk menentukan range atau kira-kira budget yang harus disiapkan untuk membelinya.

Menentukan Budget

Jika sudah mendapat informasi range budget untuk laptop yang ingin dibeli (Pada point 3 di atas), saatnya menentukan budget pas.

Misalnya, range budget untuk laptop yang dibutuhkan adalah Rp. 6.000.000 sampai dengan Rp. 7.000.000. Dengan demikian, kamu bisa menyediakan budget sebesar Rp. 6.500.000 untuk laptop tersebut.

Kalau nantinya laptop yang dibeli harganya lebih murah dari Rp. 6.500.000, alhamdulillah lah. Tapi kalau-pun harganya pas di angka Rp. 6.500.000, juga tak jadi masalah. Toh uang tersebut sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Menentukan Tempat Membeli Laptop

Kalau kita ingin membeli laptop, biasanya langsung pergi ke toko komputer dan sejenisnya. Namun saat ini, cara paling populer adalah dengan berbelanja di marketplace dan atau toko online.

Bahkan hampir semua brand laptop saat ini sudah bisa dibeli secara online. Sekedar saran, ketika ingin membeli laptop dan atau produk lainnya secara online, perhatikan terlebih dahulu reputasi si penjual. Pastinya akan lebih baik lagi jika laptop yang dijual secara online benar-benar produk dari brand yang bersangkutan.

Utamakan Garansi, Service, Dan Harga Jual Kembali

Garansi

Garansi sangat penting diperhatikan ketika membeli produk elektronik terutama laptop. Biasanya, semakin lama masa garansi yang diberikan, kualitas produknya juga akan semakin bagus.

Service

Meskipun kita tak menginginkan laptop yang kita beli rusak di kemudian hari, fasilitas service yang diberikan harus benar-benar diperhatikan.

Akan lebih baik lagi jika customer service dari brand laptop yang dibeli memiliki banyak tempat, dan memiliki pelayanan yang ramah serta profesional.

Harga Jual Kembali

Untuk kamu yang sejak awal punya keinginan menjual laptop suatu saat nanti, hal ini (Harga jual kembali) harus diperhatikan dengan seksama. Memang, sangat sulit jika harga jual laptop sama dengan harga belinya di awal. Intinya paling tidak, harga jual kembalinya tak terlalu jauh di bawah harga pasar.

Demikian artikel dari admin tentang tips membeli laptop baru agar tidak kecewa ataupun nyesel setelah membelinya, silahkan berkomentarlah jika sobat masih bingung ataupun ingin minta saran. Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar