Absensi Online: Solusi Mengatasi Absen Karyawan Lapangan

(Foto: Unsplash)

Setiap perusahaan dapat menilai kedisiplinan karyawan dari berbagai aspek, sebagai contoh absensi. Absensi biasanya menjadi sebuah acuan perusahaan dalam menilai ketaatan karyawan terhadap peraturan yang ada di dalam perusahaan. Ada berbagai metode absensi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Salah satunya adalah absensi fingerprint yang telah banyak diterapkan di perusahaan.

Hanya saja, cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak dapat dipasang di sembarang tempat. Umumnya, mesin absensi fingerprint diletakkan di kantor dan digunakan saat karyawan datang dan pulang bekerja. Hal ini tentu menjadi permasalahan apabila terdapat karyawan yang bekerja tidak di kantor atau bekerja di lapangan.

Penggunaan sistem absensi online menjadi solusi dalam mengatasi absen karyawan lapangan. Sistem absensi online merupakan teknologi yang memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi tanpa menggunakan mesin fingerprint.

Sehingga karyawan hanya perlu memberikan informasi seperti waktu kehadiran dan lokasi yang dikirimkan secara real-time. Data tersebut nantinya akan diolah oleh admin di kantor menjadi satu kesatuan data informasi absensi karyawan. Berikut ini merupakan keuntungan menggunakan sistem absensi online:

1. Mengurangi Biaya

Penggunaan sistem absensi online dapat mengurangi biaya. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak lagi memerlukan penggadaan mesin absensi yang mungkin hanya dapat digunakan beberapa karyawan saja. Tentu sangat tidak efektif bila setiap tempat disediakan mesin absensi bila hanya digunakan oleh beberapa orang saja.

Dengan adanya sistem absensi online, karyawan hanya memerlukan smartphone untuk melakukan absensi dengan sangat mudah.

2. Mengurangi Kemungkinan Kecurangan

Informasi yang didapatkan dari sistem absensi online akan diolah secara real-time. Sehingga, hasilnya akan sama dengan informasi yang dihasilkan oleh mesin absensi yang ada di kantor. Hal ini tentu dapat mengurangi kemungkinan kecurangan yang mungkin dilakukan oleh karyawan untuk memanipulasi data absensi.

Adanya sistem absensi online ini juga mengurangi kemungkinan titip absen yang biasa dilakukan oleh karyawan, sebab admin dapat memverifikasi data dari karyawan.

Baca Juga : LinovHR Mobile Attendance: Teknologi Absensi Via Smartphone

3. Mempermudah Analisa Kinerja Karyawan

Selain mengurangi kemungkinan kecurangan, data real-time dari sistem absensi online juga dapat gunakan untuk mengevaluasi dan menganalisa kinerja karyawan. Sistem absensi online akan mencatat waktu kedatangan dan kepulangan karyawan pada database, sehingga perusahaan tidak perlu merekap ulang data absensi karyawan yang tidak bekerja di kantor.

Data-data pada sistem absensi online ini dapat menjadi salah satu acuan dalam penilaian kinerja karyawan.

4. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Sistem absensi secara manual yang selama ini digunakan di perusahaan tentu sangat melelahkan membuang banyak waktu bagi karyawan yang bekerja di lapangan karena diharuskan datang ke kantor untuk absensi.

Dengan adanya sistem absensi secara online, karyawan yang bekerja di lapangan akan dapat meningkatkan produktivitasnya di lapangan. Jadi, bagaimana menurut Anda? Tertarik menggunakan sistem abensi karyawan secara online?

Salah satu aplikasi absen online yang dapat anda gunakan adalah LinovHR, dengan menggunakan Software absensi LinovHR, Perusahaan dapat dengan mudah memantau kehadiran karyawan secara real-time, Selain itu keamanan aplikasi absensi LinovHR juga cukup canggih sehingga tidak mudah terjadi kecurangan oleh karyawan dalam melakukan absensi.

Tinggalkan komentar