Aplikasi Keuangan UKM

Memulai bisnis tak jauh dari pembukuan. Baik bisnis skala besar maupun kecil. Tidak terkecuali UMKM. Konsep pembukuan sederhana setidaknya harus dikuasai untuk mengetahui berkembang atau tidak usaha tersebut. 

Pada umumnya, pembukuan sederhana ini meliputi catatan pengeluaran, pemasukan, arus kas, persedian barang, inventaris barang, dan laba rugi. Hal ini tentunya diperlukan ketelitian dan waktu yang lebih untuk memasukkan data-data tersebut ke buku. 

Berkembangnya dunia digital ini semakin memudahkan kinerja pembukuan para pelaku UMKM. Selain sebagai wadah memasarkan UKM, kini catatan pembukuan bisa dilakukan secara digital.

Anda tidak perlu repot menulis manual dan khawatir buku akan hilang. Dibawah ini ada lima aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mempermudah kerja pembukuan anda. Tertarik mencoba? 

1. BukuWarung

Pembukuan sederhana dari aplikasi yang sudah digunakan puluhan ribu orang ini sangat mudah dipahami. Pembukuannya mencatat barang apa saja yang dibeli dan yang belum dibayar oleh pelanggan anda. 

Selain itu, arus pemasukan dan pengeluaran tercatat rapi dengan tampilan yang simpel. Jika ingin menyimpan dalam bentuk pdf hasil pembukuan jangka tertentu, anda bisa mengunduhnya dengan mudah. 

Dan juga aplikasi ini dapat mengirimkan notifikasi tagihan kepada pelanggan melalui SMS dan WhatsApp dengan gratis.

Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bukuwarung

2. Lunasbos

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Lunasbos ini khusus mencatat pembukuan utang dan piutang. Hal ini penting dilakukan. Sebab keduanya akan mempengaruhi arus kas usaha anda. Aplikasi ini mencatat lengkap nama, keperluan, dan banyaknya transaksi yang dilakukan. 

Pencatatan yang modern ini tidak akan membuat anda khawatir terkait jatuh tempo pembayaran dan nominal yang dibayarkan. Yang istimewa dari Lunasbos adalah catatan yang Anda tambahkan akan tersinkronisasi antara dua belah pihak. Tentunya ini bisa mencegah kesalahpahaman. Usaha pun berjalan lancar. 

Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lunasbos.app

3. SI APIK

Aplikasi ini cocok untuk anda yang menginginkan pembukuan lengkap. Di aplikasi ini,  Pembukuan meliputi neraca, laba rugi, arus kas dan rincian keuangan. Tidak perlu bingung, anda akan dibimbing mengisi setiap datanya. Selain itu, juga terdapat fitur pembukuan terkait pembelian aset, penghapusan piutang, setoran bank, dan masih banyak lainnya. 

Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ptk

Baca juga: Aplikasi Absensi Online

4. Lamikro

Aplikasi yang dirancang lebih fleksibel ini mencatat pembukuan secara kronologis. Pada kolom entri jurnal, nama pelanggan dicatat disisi debit maupun kredit. Selain itu, pembukuan laba rugi juga sangat detail.

Seperti catatan aktiva, pasiva, dan ekuitas yang menghasilkan hitungan sesuai. Dari hal tersebut, terbentuklah neraca yang akan menunjukan sejauh mana posisi keuangan usaha anda pada periode tersebut. 

Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=alcorp.aldian.akutansi_ukm

5. Akuntansi keuangan

Aplikasi ini juga tidak kalah lengkapnya dengan sebelumnya. Bahkan, dengan akuntansi keuangan ini anda bisa memindahkan data dari aplikasi menuju ms. Excel. Jumlah pembukuan yang ditawarkan tidak terbatas jumlahnya.

Pada catatan pembukuannya, dibedakan menjadi tiga kolom. Yakni kelompok atau jenis transaksi, keterangan transaksi, debit kredit, hingga saldo akhir. Setidaknya, ada 15 menu pembukuan yang bisa anda  akses sesuai kebutuhan. 

Link: https://play.google.com/store/apps/detailsid=com.ansoftlab.wianto.akuntansikeuangan.free

Beberapa hal diatas merupakan pilihan pembukuan yang bisa anda terapkan mulai sekarang ini. Jangan sampai kehilangan daya transaksi usaha anda ya, sebab pembukuan ini sangat krusial. 

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan komentar