Cara Cek IMEI iPhone

Saat Sobat membeli sebuah Smartphone iPhone, pasti Sobat akan menjumpai nomor International Mobile Equipment Identity atau biasa disebut IMEI. Tak heran, tidak sedikit yang mencari cara gimanasih cara cek IMEI iPhone ini.

Dibandingkan pada Android, mengecek IMEI pada iPhone mempunyai cara yang berbeda. Pastinya bagi Sobat yang baru menggunakan iPhone akan sedikit bingung. Apalagi dengan berbagai Kelebihan iPhone yang membuat menu-menu nya cukup asing.

Nah, nomor dari IMEI sendiri menyimpan berbagai macam data yang langsung berkaitan dengan Smartphone yang Sobat miliki. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 digit sampai 16 digit angka unik.

Fungsi IMEI iPhone

Tapi sebelum membahas lebih lanjut, apakah sobat sudah tahu persis fungsi utama IMEI ini untuk apa? IMEI sendiri memiliki kode yang dikenal dengan Type Allocation Code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari smartphone.

Setiap kode akan terkunci dan tetap melekat pada suatu Smartphone, bahkan hingga Sobat melakukan cara reset iPhone dan mengganti SIM card yang terpasang sekalipun, nomor IMEI akan tetap sama atau tidak akan berubah.

Nah, manfaat dari adanya IMEI ini, sobat dapat memanfaatkan IMEI untuk memblokir Smartphone, terutama jika iPhone sobat dicuri orang. Caranya dapat dengan melaporkan nomor IMEI yang Sobat punya ke gerai resmi penjualan seluler.

Cara Cek IMEI iPhone

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang cara megecek atau melihat IMEI pada iPhone, Sobat sekalian bisa mengikuti cara lengkap dibawah ini. Nantinya Sobat juga dapat mengecek iPhone Sobat untuk mengetahui iPhone tersebut Asli atau Palsu.

Baca Juga: Cara Cek IMEI Samsung

Mengetahui Serial Number iPhone pada menu Settings

Cara pertama yang paling mudah mengecek IMEI adalah dengan melalui pengaturan sistem iPhone. Caranya, Silakan pergi ke menu Settings (Pengaturan) –> General (Umum) –> About (Mengenai). Scroll kebawah dan carilah IMEI dari iPhone Anda tersebut. Selain mengecek nomor IMEI, Sobat juga bisa mengecek ICCID melalui cara ini.

Melalui Body iPhone

Pada poin ini Sobat dapat melihat IMEI iPhone tanpa harus masuk ke sistem operasi iOS dulu. Jadi caranya cukup lihat body bagian belakang dari iPhone, disitu info IMEI sudah tersedia. Selain itu nomor IMEI juga terdapat pada Tray Sim loh, jadi sewaktu Sobat mencoba membuka Sim Card, pasti Sobat akan menemukan nya.

IMEI juga tertera pada bagian dalam iPhone. Untuk melihat IMEI di dalam iPhone, Sobat harus membuka casing bagian belakang dan melepas baterai yang terpasang disana.

Box iPhone

Pada bagian belakang atau bawah box iPhone, kita juga bisa menemukan nomor IMEI iPhone kita loh. Selain terdapat nomor IMEI disana, kita juga akan mendapat informasi lain seperti serial iPhone, Model, dan info lainya mengenai iPhone tersebut.

Melalui Kode Khusus

Cara ke-dua ini sangat efektif untuk mengecek IMEI di semua jenis smartphone, termasuk iPhone. Caranya buka menu calls seperti ketika Sobat ingin melakukan panggilan telepon, lalu ketikan kode *#06#, maka tampilan layar akan menampilkan nomor IMEI dari smartphone Sobat.

Mengetahui Serial Number iPhone melalui iTunes

Perlu diketahui bahwa iTunes tidak hanya berfungsi untuk mengisi musik ke iPhone saja. Software resmi dari Apple ini juga dapat mengecek nomor IMEI di iPhone. Caranya, cukup sambungkan saja iPhone sobat ke komputer yang sudah diinstal iTunes.

Selanjutnya, jika berhasil terkoneksi, klik ‘Library’ pada iTunes, maka secara otomatis data dari iPhone Sobat akan ditampilkan di layar, termasuk nomor IMEI iPhone tersebut.

Baca juga: Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan IMEI

Nah, jika Sobat sudah mengetahui nomor IMEI dari iPhone tersebut, maka sekarang sobat bisa segera mencocokan dengan nomor IMEI yang ada di dusbook dari iPhone sobat. iPhone yang asli pastinya akan memiliki nomor IMEI yang sama persis di bagian fisik, dusbook, dan sistemnya.

Setelah melakukan cara cek IMEI iPhone secara fisik, Sobat juga dapat mencocokkannya melalui website http://www.imei.info. Jadi ketika sobat sudah masuk di situs tersebut, sobat hanya perlu mengetikkan nomor IMEI yang sobat dapatkan dari iPhone tersebut. Setelah itu, website tersebut akan memberikan data lengkap mengenai iPhone sobat.

Apabila telah memasukkan nomor IMEI yang tertera di iPhone, tetapi data yang ditampilkan adalah data dari iPhone lain alias bukan data dari iPhone Sobat, maka dipastikan bahwasanya iPhone sobat tersebut adalah iPhone palsu.

Begitupun sebaliknya, bila Sobat telah mencocokan data tersebut dan 100% akurat, berarti iPhone Sobat Asli, mudah bukan?

Tips Membeli iPhone Asli

Oiya, ada sedikit tips buat Sobat yang ingin membeli Smartphone iPhone yang asli. Jadi tips ini sangatlah penting agar Sobat tidak tertipu ketika membeli iPhone palsu.

  • Belilah iPhone di Gerai resmi Apple. Hal ini pastinya akan menjamin bahwa iPhone yang dijual disana selalu resmi alias asli. 
  • Pada saat membeli iPhone, jangan malu untuk mengecek langsung keaslian iPhone melalui cara-cara di atas.
  • Jangan mudah tergiur dengan harga iPhone yang super murah Sob. Karena pada umumnya baik toko hp maupun situs jual beli hp online, pasti tidak akan menawarkan iPhone terbaru dengan harga cukup miring. 
  • Tips terakhir, coba koneksikan iPhone ke iCloud atau iTunes, jika tidak ada kesalahan alias normalbisa dipastikan iPhone yang akan dibeli Sobat adalah iPhone asli.

Akhir Kata

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu dengan mudah. Bagi kalian yang masih bingung, silahkan bisa masukan pertanyaan dikolom komentar bawah. Semoga dapat bermanfaat 🙂

Satu pemikiran pada “Cara Cek IMEI iPhone”

Tinggalkan komentar