Cara Cek IMEI Xiaomi

Hingga saat ini pasaran produk Xiaomi masih melambung tinggi di Indonesia, semua alasan tersebut pastinya berkat harga yang terjangkau dan spesifikasi Hp diatas rata-rata. Salah satu produk Xiaomi yang sangat ramai dimilikiadalah Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Terbukti produk tersebut sudah sangat banyak pengguna nya.

Namun dibalik ramai nya pengguna Xiaomi, Sobat harus tetap berhati-hati dalam membeli produk Hp tersebut. Kenapa? karena bisa saja ada suatu pihak yang membuat Hp Xiamo Palsu dan dipasarkan saja, mengingat Hp Xiaomi banyak peminatnya.

Lantas bagaimana mengantisipasinya? Nah jika Sobat disini akan membeli ataupun sudah mempunyai Hp Xiaomi, namun khawatir kan Keaslian Hp tersebut, Sobat bisa cek Hp Xiaomi melalui Nomor IMEI.

Apa itu IMEI?

Saat Sobat membeli sebuah handphone, baik itu Hp baru atau bekas, pasti Hp tersebut memiliki nomor International Mobile Equipment Identity atau IMEI. Nomor IMEI sendiri menyimpan berbagai macam data yang dapat berkaitan langsung dengan smartphone yang Sobat miliki. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 digit sampai 16 digit, dan setiap Hp IMEI nya berbeda-beda.

Jadi dengan adanya nomor IMEI tersebut, nantinya Sobat dapat mengecek secara langsung Hp Xiaomi tersebut asli atau tidak. Nah untuk cara mengeceknya ada pada bawah ini.

Baca Juga: Cara Reset Xiaomi

Cara Cek IMEI Xiaomi

Ada berbagai cara yang dapat Sobat lakukan untuk mengecek IMEI Xiaomi, diantara caranya Sobat bisa mencoba berikut ini.

1. Periksa Nomor IMEI Xiaomi pada Dus Box

Ini adalah cara pertama yang sangat mudah untuk melihat Nomor IMEI Xiaomi. Saat Sobat membeli Hp Xiaomi baru, pastinya Sobat akan mendapatkan Dus box Hp. Pada dus Hp tersebut, terdapat beragam macam informasi singkat tentang Hp Xiaomi yang dibeli Sobat.

Nah, disini silakan cari dan cek IMEI Xiaomi Sobat melalui dus tersebut, karena nomor IMEI Xiaomi pastinya juga terdapat pada dus box Hp. Sekarang silakan Sobat catat nomor IMEI yang tertera pada stiker tersebut atau difoto juga bisa.

2. Cek IMEI Xiaomi Pada Body Hp

Saat Sobat membeli Xiaomi baru, juga pastinya Sobat akan menjumpai beberapa stiker yang menempel pada bagian casing belakang Hp Xiaomi. Stiker tersebut biasanya menampilkan sedikit informasi tentang produk Hp, salah satunya tidak tertinggal adalah informasi nomor IMEI.

Disini silakan Sobat catat nomor IMEI yang tertera pada stiker tersebut atau difoto juga bisa.

Nah, kalau tidak ada pada casing Hp, Sobat juga bisa cek melalui bagian dalam body Hp loh. Caranya Sobat tinggal buka casing belakang Hp, kemudian cabut baterai dan lihat, biasanya terdapat stiker informasi IMEI menempel disitu juga.

3. Cek IMEI Xiaomi Melalui Pengaturan

Dus Box Hp Xiaomi hilang? Stiker di body dan casing juga sudah tidak ada? Sobat juga bisa mengetahui langsung kode IMEI Xiaomi melalui setelan atau pengaturan Hp Xiaomi Sob.

Pada menu pengaturan, selain bisa mengatur berbagai macam hal, juga terdapat informasi-informasi tentang Hp. Informasi-informasi tersebut diantaranya seperti total RAM, memori internal, kekuatan sinyal, versi kernel dan tidak kalah penting juga ada kode IMEI.

Untuk cara mengeceknya, silakan Sobat pergi ke Pengaturan > Tentang ponsel > Geser kebawah, klik Status > Klik Informasi IMEI > Disini Sobat akan melihat nomor IMEI sesuai dari tipe Xiaomi yang sedang dipakai. Untuk mencatatnya Sobat bisa melakukan screenshots.

4. Periksa IMEI Xiaomi Lewat Menu Dial

Sebenarnya banyak sekali kode-kode rahasia di Hp Android, yang bisa Sobat gunakan untuk berbagai keperluan. Namun setiap Kode rahasia Android, biasanya berbeda-beda di tiap merk-merk. Khusus untuk sekarang Sobat bisa mengunjungi ke Kode Rahasia Xiaomi dulu.

Baca Juga: Kode Rahasia Xiaomi

Seperti pada halaman diatas jika Sobat mengunjunginya, salah satu kode rahasianya ada *#06# yang dapat di dial pada menu dialpad. Kode ini berfungsi sebagai kode cek IMEI Hp Xiaomi. Jadi Sobat bisa menggunakan kode tersebut.

Untuk mengingat kodenya nanti, Sobat bisa melakukan Screenshot Hp.

5. Cara Cek IMEI Xiaomi dengan Aplikasi

Langkah terakhir, jika sebelumnya bisa mengecek IMEI Xiaomi tanpa bermodalkan apa-apa. Sekarang Sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama aplikasi pengecek IMEI atau IMEI Checker. Aplikasi ini juga ada cukup banyak bilihan, tersebar di Playstore.

Tapi karena secara fungsi masih sama, Sobat bisa menggunakan aplikasi manapun yang Sobat suka. Nah, contoh disini admin memakai aplikasi Checker IMEI. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, download dulu aplikasi Checker IMEI di Playstore. Bisa melalui link ini.
  2. Lalu Sobat buka aplikasinya, dan otomatis Sobat akan melihat nomor IMEI Xiaomi tersebut. Untuk mencatatnya Sobat melakukan screenshots.
Baca Juga: Cara Screenshot Android

Cara Mengetahui Keaslian Xiaomi

Setelah kode IMEI Xiaomi Sobat diketahui, sekarang saatnya Sobat untuk megecek keaslian Hp Xiaomi tersebut. Caranya pun sangat mudah Sob, karena sudah ada situs khusus Resmi untuk mengecek Xiaomi yang bisa kita gunakan.

Langkah pertama, silakan Sobat kunjungi halaman situs mi.com, lalu masukkan kode yang telah dicatat diatas tadi, kemudian klik Verify.

Jika sudah, maka nanti akan muncul informasi dari Hp Xiaomi Sobat. Selanjutnya silakan pastikan kalau informasi tersebut adalah sesuai dengan tipe dan spesifikasi dari Hp Xiaomi yang dipakai Sobat.

Sampai disini sudah tahu kan cara mengetahui Asli atau Palsunya? Jadi, jika informasi benar sesuai dengan Hp tersebut, maka Hp Xiaomi Asli, namun jika sebaliknya Hp Xiaomi tersebut Palsu.

Akhir Kata

Jadi intinya, saat Sobat mau membeli Hp Xiaomi baik itu baru ataupun bekas, Sobat harus tetap berhati-hati, jangan langsung membayarnya, bila perlu Sobat cek keaslian Xiaomi menggunakan cara tadi terlebih dahulu.

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang cara cek IMEI Xiaomi. Silakan bisa Sobat berkenan bisa share artikel ini ke pengguna Xiaomi lainya, siapa tahu bisa membantu dan dapat bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar