Cara Reset Xiaomi

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ponsel Xiaomi akhir-akhir ini banyak diminati, terutama oleh orang-orang yang mengutamakan spek. Dengan harga yang tergolong murah, Sobat sudah dapat mengkantongi Hp dengan spesifikasi mantap jika membeli ponsel Xiaomi ini.

Nah, jika Sobat sudah mempunyai smartphone Xiaomi, namun merasa performa Smartphone nya menurun? Solusinya Sobat bisa mereset Smartphone tersebut agar performanya kembali maksimal seperti baru lagi, cara ini dinamakan Hard Reset atau Factory Reset.

Cara hard reset dan factory reset Xiaomi ini bisa diterapkan pada semua tipe ponsel Xiaomi, seperti tipe Redmi 4, 4X, 4A, Redmi Note 4/4X, Redmi 5A, 5 Plus, Redmi 3s, Redmi 3 Prime, Redmi Note 5A, Mi A1, Redmi S2 dan tipe Xiaomi lainya lagi. Jika penasaran, Sobat bisa menggunakan cara reset Xiaomi seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Hard Reset Xiaomi Semua Model

Hard reset sendiri merupakan sebuah fitur di Xiaomi yang bisa manfaatkan untuk membuat pengaturan Smartphone kembali ke pengaturan saat awal seperti membeli atau pengaturan pabriknya. Cara reset Xiaomi dengan hard reset ini juga mudah. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pastikan Sudah Membackup Data dan Perhatikan Kondisi Baterai

Sebelum melakukan reset Xiaomi, tahap persiapan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pastikan Sobat sudah melakukan backup data di dalam Smartphone ke perangkat lain. Hal ini karena saat mereset nanti juga akan menghapus semua data di dalamnya.

Selain itu, pastikan juga daya baterai mencukupi. Setidaknya, harus ada 50% daya di dalam Smartphone agar proses reset tidak berhenti di tengah-tengah proses berlangsung. Setelah selesai, matikan ponsel untuk memulai hard reset.

2. Masuk Recovery Mode

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu Recovery Mode. Caranya, tekan tombol power dan volume ke atas bersamaan selama beberapa menit. Setelah itu akan muncul logo ‘Mi’ dan masuk ke Recovery Mode. Pilih bahasa Inggris.

3. Pilih Wipe Data

Langkah selanjutnya, setelah masuk ke menu Recovery Mode, akan ada beberapa menu yang ditampilkan. Pilih pada opsi ‘Wipe Data’. Setelah itu, pilih ‘Wipe All Data’. Jika sudah nanti Sobat akan diminta mengonfirmasi proses selanjutnya. Klik saja ‘Confirm’. Tunggu sampai proses selesai.

Langkah terakhir dari cara reset Xiaomi dengan hard reset adalah pilih opsi ‘Back to Main Menu’ yang ditampilkan. Setelah kembali ke menu utama, pilih ‘Reboot’ lalu pilih ‘Reboot to System’. Smartphone akan direstart dan tunggu sampai kembali menyala untuk melakukan pengaturan ulang.

Baca Juga: Kode Rahasia Xiaomi

Cara Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe

Selain hard reset, proses mengembalikan pengaturan HP seperti pengaturan awal juga bisa dilakukan dengan factory reset. Cara reset Xiaomi dengan factory reset berikut bisa Sobat terapkan untuk semua model dan tipe HP Xiaomi.

1. Buka Menu ‘Pengaturan’ > Cadangkan & Setel Ulang

Sebelum memulai cara ini ada baiknya Sobat membackup data yang ada di memori internal. Hal ini karena factory reset akan menghapus semua data di memori internal. Jika sudah Anda bisa mulai melakukan reset.

Masuk ke menu ‘Pengaturan’ pada Xiaomi Sobat. Setelah itu, pilih menu ‘Setelan Tambahan’ lalu pilih lagi ‘cadangkan dan setel ulang’. Setelah itu, Sobat akan dialihkan pada menu selanjutnya. Pilih opsi ‘Kembalikan ke Setelan Pabrik’. Kemudian, klik pada tombol ‘setel ulang telepon’.

2. Masukkan Password Mi Akun

Selanjutnya, setelah klik setel ulang telepon, nanti akan dialihkan pada tampilan untuk memasukkan password akun Mi Sobat. Namun, jika Sobat tidak punya akan langsung dialihkan ke proses reset. Pastikan Anda memasukkan password dengan benar.

Setelah itu, proses reset akan dimulai. Tunggu sampai proses reset selesai. Biasanya akan memakan waktu beberapa menit. Setelah proses reset selesai, Smartphone Xiaomi akan direstart secara otomatis. Sobat hanya tinggal menunggu ponsel hidup kembali dan atur ulang ponsel sesuai kebutuhan.

Akhir Kata

Mereset Xiaomi adalah cara yang banyak diterapkan pengguna smartphone ketika performa ponselnya sudah tidak maksimal. Bisa jadi karena terlalu banyak aplikasi yang dipasang atau sudah terlalu banyak data pada aplikasi yang terpasang.

Oleh karena itu, cara reset Xiaomi di atas bisa menjadi metode tepat untuk mengembalikan performa ponsel seperti semula. Sekian dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar