Cara Flash Asus Z007

Hp Asus kesayangan kalian sedang mengalami masalah? butuh tutorial cara flashing asus? Jika iya, Sobat berada di situs yang tepat, karena admin akan mengulas lengkap mengenai cara flash Asus Z007 pada artikel ini.

Seperti yang telah kita ketahui, pada dasaranya kerusakan pada Smartphone itu ada 2 kemungkinan, yaitu kerusakan pada hardware dan software. Kerusakan hardware sendiri tergolong sulit untuk diatasi sendiri, Sobat perlu membawanya ketempat service agar didukung peralatan perbaikan yang mumpuni.

Sedangkan kerusakan pada software umumnya terjadi gejala seperti Hp lemot, app force closed, app system error, hingga yang paling parah bisa bootloop. Nah, satu-satunya cara untuk mengatasi bootloop atau hp mati total, khususnya pada Hp Asus Z007 ini yakni dengan cara flashing.

Cara Flash Asus Zenfone C

Melakukan flashing di Hp Asus Z007 sendiri ada 3 cara yang dapat Sobat lakukan. Ke Tiga cara ini dapat Sobat pilih salah satu saja yang paling mudah.

1. Flash Asus Zenfone C via Flash Tool

Untuk dapat melakukan flashing Asus Zenfone C melalui flashtool, Silakan Sobat persiapkan dan unduh dulu tool file yang dibutuhkan:

Jika persyaratan diatas sudah terpenuhi, selanjutnya silakan Sobat ikuti cara dibawah ini dari step ke step.

  1. Pastikan kapasitas daya baterai Smartphone telah terisi lebih dari 50% untuk melakukan flashing.
  2. Masuk ke Droidboot Mode. Dengan cara menekan tombol power + volume UP secara bersamaan.
  3. Kemudian silakan buka software Asus Flash Tool, lalu jalankan sebagai administrator.
  4. Lalu silakan sambungkan Asus Zenfone C Z007 ke Komputer Sobat menggunakan kabel USB. Jika sudah muncul ikon USB, tandanya perangkat telah terdeteksi oleh komputer.
  5. Selanjutnya silahkan pilih type ZC451CG pada Wipe Data di ikuti pilih opsi Yes. Kemudian, klik browse untuk memasukkan firmware yang telah Sobat download tadi. 
  6. Langkah selanjutnya klik pada ikon USB, dan klik tombol start untuk memulai proses flashing Asus Zenfone C. Tunggu hingga proses flashing selesai. 
  7. Jika state telah berganti warna menjadi hijau dan muncul notifikasi “Flash image successfully”, maka proses flashing Hp Sobat telah selesai. 

Setelah itu, silakan Sobat tutup aplikasi Asus flash Tools dan lepas kabel USB dari komputer. Selanjutnya pilih menu reboot di Droidboot untuk merestart Hp Sobat. Tunggu proses booting berjalan (biasanya booting pertama akan memakan waktu sedikit lebih lama), nantinya juga akan muncul start up standart android untuk mengatur Bahasa, Akun Google, jaringan, dll.

Setelah selesai mengatur, admin ucapkan selamat karena Hp Asus Zenfone Sobat telah berhasil di flash.

Baca Juga: Cara Flash Lenovo A6000

2. Cara Flash Asus Z007 via SD Card

Cara flash selanjutnya Sobat dapat menggunakan SC Card, atau kartu memori Hp. Keuntungan flash menggunakan SD Card atau MMC ini adalah Sobat bisa melakukannya tanpa pc. Sehingga pastinya lebih praktis, mudah, dan cepat.

Untuk flashing Hp Asus C menggunakan SD Card langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan dulu SD Card yang sudah di format ke Fat 32 Default.
  2. Download file Firmware Asus Zenfone C terbaru.
  3. Jika sudah, copy file firmware tersebut ke dalam SD Card dalam bentuk format .zip.
  4. Pasang SD Card ke Hp Asus Zenfone C Sobat.
  5. Lalu selanjuntya masuk ke Recovery Mode Asus dengan menekan tombol Volume Bawah + Power bersamaan.
  6. Kemudian pilih menu opsi paling bawah apply update from sdcard
  7. Sekarang Sobat cari file firmware yang tadi telah di copy ke SC card.
  8. Proses flash akan berlangsung, biasanya memakan waktu sekitar 5-8 menit.
  9. Setelah flash selesai, nanti layar Hp akan kembali ke menu Recovery tadi, Silakan tap “reboot system
  10. Selanjutnya Hp Sobat akan restart otomatis dan loading menuju home screen (disini Sobat harus sabar, karena loading biasanya lumayan lama)
  11. Selesai, Hp Asus Zenfone C Sobat sudah seperti awal bawaan pabrik kembali.

3. Flash Asus Zenfone C Via QFIL

Sebenarnya banyak sekali tipe handphone yang bisa di flash menggunakan software QFIL. Admin sendiri juga telah merangkum artikel mengenai Cara Flash Menggunakan QFIL yang dapat membantu masalah flashing, terutama Asus Zenfone C Z007 sendiri.

Mencegah Terjadi Bootloop pada Hp Asus

Nah, sebagai bekal saja ketika Hp Asus Sobat sudah normal kembali, ataupun bagi Sobat yang tak ingin mendapati masalah Hp Bootloop, Sobat dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Sabar Menungu Pengisian Baterai

Yang pertama usahakan Sobat untuk menunggu pengisian baterai sampai 100% dulu. Jadi jika belum full, jangan biasakan untuk mencabut pengisian baterai.

Baca Juga: Cara Mempercepat Pengisian Baterai

2. Hindari Asal Melepas Baterai

Melepas baterai dalam keadaan Hp menyala sama artinya dengan memaksakan sistem operasi pada Hp untuk diputus secara tiba-tiba. Hal semacam ini nantinya jika sering dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, bahkan komponen-komponen Hp.

3. Selektif dalam Mengunduh dan Menginstall Aplikasi

Sobat juga harus selektif dan tidak sembarangan dalam download dan menginstall sebuah aplikasi. Jadi jika ingin melakukan pengunduhan suatu aplikasi, teliti terlebih dahulu aplikasi tersebut apakah sekiranya aman untuk Hp kita atau tidak.

Akhir Kata

Demikian artikel Arahtekno kali ini tentang panduan lengkap cara flash asus z007. Bilamana Sobat mendapati masalah yang belum menemukan solusi, silakan masukan saja di kolom komentar, siapa tahu admin bisa membantu 🙂

Tinggalkan komentar