Cara Flash Oppo A3s

Kejadian masalah seperti Hp Oppo A3s hang, lupa pola/Password, Hp sering berhenti sendiri ketika sedang digunakan, bahkan sampai mati total (hardbrick), mungkin pernah Sobat alami. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sobat perlu cara flash Oppo A3s.

Meski Hp Oppo A3s bisa dikatakan masih belum lama rilis di Indonesia yakni pada tahun 2018 tapi tetap saja, yang namanya kerusakan pada sebuah handphone akan menjadi sebuah resiko pengguna Hp.

Nah, jika Sobat sudah terlanjur mengalami salah satu masalah-masalah seperti yang telah admin sebutkan diatas, untuk memperbaikinya silakan Sobat baca artikel ini sampai selesai.

Cara Flash Oppo A3s

Seperti yang telah kita ketahui, proses flashing merupakan proses yang akan mereset semua data atau pengaturan yang ada di Smartphone. Maka dari itu jika Sobat masih bisa masuk kedalam data-data Hp, alangkah baiknya Sobat melakukan backup data terlebih dahulu.

Nah, sebelum Sobat melangkah ke pembahasan utama kali ini, Sobat perlu menyiapkan beberapa bahan untuk flashing Oppo terlebih dahulu, diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahan Flash Hp Oppo A3s

Jika semua bahan telah Sobat siapkan dan menginstallnya di somputer Sobat, sekarang Sobat bisa mengiktui step untuk flashing Hp Oppo A3s melalui cara dibawah ini.

Baca Juga: Cara Cek Hp Oppo

Langkah Flash Oppo A3s via QFIL

1. Langkah Pertama, silakan Sobat ekstrak file stock ROM Firmware Oppo A3s yang sudah Sobat unduh tadi.

2. Selanjutnya buka dan jalankan software QFIL yang telah Sobat install tadi.

3.Jika sudah muncul tampilan utama aplikasi QFIL, pilih Flat Build pada bagian Build Type.

4. Pada bagian Select Programmer, klik tombol Browse lalu pilih folder hasil ekstrakan firmware Oppo A3s Sobat, dan cari file “prog_emmc_firehouse_89XX.mbn”.

5. Selanjutnya silakan Sobat klik tombol Load XML, lalu pilih “rawprogran_unsparse.xml” dan pilih lagi “patch0.xml” lalu klik open/OK.

6. Jika sudah, sekarang coba sambungkan Hp Oppo A3s Sobat dalam keadaan mati ke komputer menggunakan kabel USB yang bagus.

7. Jika Oppo A3s sudah terdeteksi, sekarang Sobat klik tombol Download untuk memulai proses flashing.

8. Tunggu proses beberapa saat sampai muncul status Download Succesed, yang menandakan proses flashing sudah berhasil.

9. Sekarang Sobat bisa cabut kabel USB dan coba nyalakan Oppo A3s.

Baca Juga: Cara Flash Redmi 2

Langkah Flash Oppo A3s via SD Card

Nah, sebagai alternatif lain bagi Sobat yang kebetulan tidak memiliki komputer, atau mungkin ingin mecoba cara yang simpel. Sobat bisa menggunakan metode flash Oppo A3s tanpa PC ini.

Yang terpenting Sobat harus menyediakan memori MicroSD dengan kapasitas minimal 4GB untuk menyimpan file firmware OTA Oppo A3s. Pastikan juga baterai Hp Oppo Sobat minimal 50% untuk menghindari mati ditengah proses flashing.

Jika sudah, sekarang Sobat bisa mengikuti tahapan-tahapan caranya flash Oppo A3s via SD Card berikut ini.

1. Langkah pertama, Sobat download dulu firmware Oppo A3s OTA lalu extract file tersebut dan simpan di memori microSD yang telah Sobat siapkan. (harus sudah extensi .zip)

2. Matikan Smartphone Oppo A3s Sobat dan pastikan telah menyimpan file firmware tersebut di microSD.

3. Selanjutnya silakan Sobat masuk ke tampilan Oppo recovery dengan menekan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan, hingga tampil logo Oppo.

4. Pada menu pilihan bahasa, pilih bahasa English saja.

5. Setelah berhasil masuk ke Oppo Recovery, pilih menu opsi install from SD.

6. Selanjutnya akan muncul tampilan data dalam SD Card Sobat. Cari file firmware OTA yang sudah di simpan tadi (file berekstensi .zip).

7. Kemudian pilih OK untuk memulai proses flashing Oppo A3S tanpa PC.

8. Tunggu proses flashing beberapa saat hingga muncul pesan “updating successfully” yang menandakan proses flashing Hp Sobat sudah sukses.

9. Selanjutnya pilih Back untuk kembali ke menu utama recovery, dan silakan lakukan Reboot Oppo A3s.

10. Selesai.

Akhir Kata

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara flash Oppo A3s dari Arahtekno. Jika Sobat masih bingung ataupun mendapat kendala dalam proses melakukan flashing, silakan bisa masukan saja pertanyaan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar