Cara Masuk Bios Acer

Sobat baru beli laptop Acer? Ataupun Sobat sudah lama pake laptop Acer tapi belum tahu cara masuk BIOS Acer? Tenang saja Sob, jika memang iya, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas cara tersebut.

Namun sebelum membahas hal tersebut, mungkin ada yang belum tahu apa itu BIOS dan apa fungsi dari BIOS ini. Sebagai informasi tambahan, berikut saya penjelasan mengenai BIOS.

Apa itu BIOS?

BIOS sendiri merupakan singkatan dari Basic Input Output System, yang berarti merupakan sebuah firmware yang disimpan dalam bentuk chip pada motherboard.

Pada dasarnya Bios berfungsi untuk membantu load sebuah OS. Jadi Sistem Operasi atau OS Sobat akan gagal dijalankan jika tidak ada BIOS.

Selain membantu fungsi booting OS, BIOS juga dapat berfungsi sebagai tempat mengatur ketika Sobat akan menginstal sistem operasi pada laptop atau komputer.

Bahkan, semua jenis Laptop ketika akan menginstal sistem operasi, pasti akan mengatur BIOS terlebih dahulu, termasuk pada laptop merk Acer sendiri.

Selain fungsi tersebut, adapula fungsi-fungsi lainya dari BIOS, diantaranya:

  • Dapat digunakan untuk melihat spesifikasi komputer
  • Dapat berfungsi untuk mengatur boot priority Harddisk
  • Tempat mengatur waktu dan tanggal laptop
  • Dapat mengatur password Bios
  • Bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja komputer (overclocking)
  • Dapat mengatasi komputer mati total, yakni dengan cara reset BIOS pada komputer.

Cara Masuk BIOS Laptop Acer

Nah seperti yang telah saya bilang diatas, bahwa Sobat tidak usah bingung lagi untuk bisa masuk BIOS pada laptop Acer, karena ada berbagai cara yang mudah untuk dilakukan.

Tanpa panjang lebar lagi admin jelaskan, berikut solusi cara masuk BIOS laptop Acer dengan Mudah.

Cara Masuk BIOS Acer dengan Shortcut Keyboard

Cara Masuk Bios Acer

Cara ini adalah cara yang dapat Sobat lakukan, jika Sobat memang benar belum tahu cara masuk BIOS. Dengan hanya bermodalkan menekan tombol pintas, Sobat sudah bisamasuk ke BIOS.

  1. Langkah pertama, silakan Sobat nyalakan laptop Acer Sobat.
  2. Setelah laptop menyala, Sobat dapat langsung menekan tombol F2 pada keyboard laptop Acer sebelum sistem operasi berjalan.
  3. Jika berhasil, Sobat akan masuk ke BIOS laptop Acer.
  4. Dalam BIOS laptop Acer ini Sobat dapat melakukan konfigurasi sesuai keinginan Sobat, seperti pada fungsi yang telah saya sebutkan.
Baca juga: Cara Masuk BIOS Asus

Cara Masuk BIOS Semua Merk Laptop

Barangkali Sobat juga ingin tahu cara masuk BIOS di merk laptop lain, Sobat bisa baca gambar tabel cara masuk bios semua merk laptop dibawah ini:

Jadi pada intinya, setiap merk laptop pasti ada petunjuk tombol untuk bisa masuk BIOS, pada saat laptop pertama kali dinyalakan (Del/Esc/F12). Dalam hal ini laptop merk Acer menggunakan tombol F2.

Cara Setting Booting BIOS Acer

Setelah berhasil masuk, selanjutnya Sobat dapat mengatur BIOS sesuai dengan kehendak Sobat. Sebagai ilmu tambahan, berikut admin berikan cara setting booting harddisk di BIOS Acer.

  1. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu Sobat sudah masuk ke sistem BIOS menggunakan beberapa pilihan cara diatas.
  2. Jika sudah masuk BIOS Acer, silakan masuk ke Boot Menu. 
  3. Cek pada Boot Options, pilih Boot Option #1 (nomor satu).
  4. Pindah dengan menaikan Boot Priority Flashdisk atau DVD yang akan Sobat pilih sebagai booting.
  5. Selanjutnya masuk ke bagian tab menu Save & Exit, pilih opsi Save & Exit Setup, lalu pilih Yes.
  6. Setelah itu Laptop Acer Sobat akan Restart, dan langsung booting ke flashdisk atau DVD instalasi Sobat, yang telah di naikan tadi.

Cukup sekian artikel Arahtekno kali ini tentang cara masuk Bios Acer dengan mudah. Jika Sobat masih bingung, bisa tanyakan saja dikolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan komentar