Cara Masuk Bios Lenovo

Hai Sobat Arahtekno, apakah kalian pengguna laptop merk Lenovo? Jika iya, dan masuk ke artikel ini, berarti kemungkinan Sobat kesulitan masuk BIOS yaa hehehe, Tidak usah khawatir Sob, disini admin akan memberikan informasi untuk mengastasi hal tersebut. Mungkin perlu sedikit info tentang BIOS ya.

Apa itu BIOS?

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. BIOS sendiri adalah sebuah firmware yang disimpan dalam chip di bagian tertentu pada motherboard. Pada dasarnya bios berfungsi untuk membantu load sistem operasi. Jadi Sistem Operasi Sobat akan gagal load, jika tidak ada BIOS ini.

Selain fungsi utama tadi, BIOS juga punya peran sebagai tempat awal ketika Sobat akan menginstall sistem operasi pada laptop atau komputer. Semua jenis Laptop ketika menginstall sistem operasi pasti akan melewati BIOS termasuk pada laptop merek Lenovo sendiri.

Cara Masuk Bios Lenovo

Nah seperti yang telah saya bilang diatas, bahwa Sobat tidak usah panik untuk mengatasi bingungnya masuk BIOS pada laptop lenovo. Ada berbagai cara yang mudah dan tentunya simpel dilakukan, tanpa panjang lebar lagi admin menjelaskanya, berikut solusi Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo dengan Mudah dan Simpel.

Baca Juga : Cara Cek Spek Laptop

Cara Pertama

Cara pertama ini dapat Sobat lakukan, jika Sobat memang benar belum tahu cara masuk BIOS. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan simpel dilakukan.

  1. Langkah pertama, Sobat nyalakan laptop Lenovo Sobat.
  2. Setelah laptop booting, Sobat dapat langsung menekan tombol dengan kombinasi fn dan f1 (biasanya untuk Merk Lenovo ThinkPad), fn dan f2 (biasanya untuk Lenovo G405 atau G series), atau f1 (biasanya untuk Lenovo IdeaPad).
  3. Selanjutnya, Sobat akan masuk ke BIOS laptop Lenovo.
  4. Dalam BIOS laptop Lenovo ini Sobat dapat melakukan konfigurasi sesuai keinginan Sobat.

Cara Kedua

Cara yang kedua ini dapat dilakukan Sobat jika setelah mencoba cara pertama namun masih gagal,
kemungkinan karena fitur fast boot di BIOS laptop Sobat Aktif atau ter-Enable. Untuk mengatasinya coba cara ini Sob.

  1. Pertama Masuk dulu ke tampilan Windows Sobat.
  2. Klik Start > Power > Lalu Tekan (Tahan) Tombol Shift + Klik Restart
  3. Laptop akan mati, lalu akan nyala Kembali.
  4. Ketika Layar laptop mati, dan akan nyala Kembali, Teken-teken Terus Tombol Masuk ke BIOS tadi Yaitu Tombol F2 (Tanpa FN) atau Apabila tidak bisa, Coba Pakai FN+F2 (takutnya jika settingan di BIOS pernah kerubah, jadi ini bisa digunakan untuk mendisable fitur Hotkey Mode)
  5. Seharusnya sekarang Sobat sudah bisa masuk ke BIOS Lenovo. 

Cara ketiga

Cara yang terakhir ini dapat dilakukan Sobat, jika setelah mencoba kedua cara diatas namun masih gagal. Sobat masih punya cara alternatifnya yaitu dengan menekan Novo Button atau Recovery di lubang kecil di samping Laptop lenovo Sobat. Berikut caranya.

  1. Pertama Sobat colok dengan SIM Tray Ejector/Paper Clip/Jarum Tumpul ke lubang Novo Button di Lenovo IP 320 sampai terasa bunyi klik.
  2. Nanti Laptop Sobat langsung akan menyala dan hanya biarkan saja sampai tampilan Novo Button menampilkan daftar pilihan untuk Masuk ke Menu BIOS, Option, atau Recovery.
  3. Disini Sobat pilih saja BIOS Menu. Dan Sobat bisa masuk 🙂

Demikian artikel arahtekno kali ini tentang Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo dengan Mudah dan Simpel. Silakan dicoba, jika masih mendapat masalah ataupun kendala, bisa masukan saja dikolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan