Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Hp Xiaomi kalian mengalami masalah dan butuh masuk ke mode Fastboot? Tenang Sob, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ulasan mengenai cara masuk mode Fastboot Xiaomi, lengkap dengan cara keluar dari mode nya.

Namun sebelum ke pembahasan utama, mungkin perlu penjelasan terlebih dahulu, mengenai apa sih mode Fastboot itu? dan apa fungsi dari mode Fastboot itu?

Apa itu Fastboot?

Fastboot sendiri adalah tools yang dirilis didalam paket Android SDK (Software Development Kit) sebagai alternatif untuk melakukan instalasi update atau recovery. Jadi mode fastboot bisa dibilang merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan flashing Android.

Selain bisa melakukan flashing, dengan adanya fastboot kita juga bisa melakukan pergantian ROM, update, dan downgrade pada Smartphone Xiaomi dengan aman.

Kelebihan Mode Fastboot

Nah kelebihan yang menonjol jika kita menggunakan mode fastboot tentunya selain aman digunakan, kita juga bisa mengubah file image ROM dengan menggunakan koneksi USB dengan proses lebih cepat daripada melakukan recover dan update melalui recovery mode secara langsung.

Sekarang sudah paham kan? Lantas bagaimana cara kita bisa masuk dan keluar dari mode fastboot Xiaomi?

Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Ada Dua cara yang dapat Sobat lakukan untuk bisa masuk kedalam mode Fastboot Xiaomi all type. Berikut Kedua cara masuk Fastboot Xiaomi.

1. Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi dengan Kombinasi Tombol

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak ribet dilakukan, karena Sobat hanya perlu menekan tombol pada Hp Xiaomi kesayangan Sobat. Berikut cara masuk mode fastboot dengan tombol Hp:

  • Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan dalam beberapa detik sampai muncul logo fastboot Xiaomi seperti gambar dibawah ini
  • Ketika gambar sudah muncul, silakan Sobat lepaskan kombinasi tombol yang Sobat tekan
  • Tunggu dan Sobat sudah masuk ke mode fastboot Xiaomi
  • Beberapa versi Redmi ada juga cara yang lain yang bisa digunakan, yaitu dengan menekan tombol Power + Volume Up sampai muncul menu dengan bahasa China seperti gambar dibawah ini
  • Selanjutnya tinggal pilih fastboot dan perangkat Xiaomi tersebut akan restart dan otomatis masuk ke mode fastboot.

2. Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi dengan Perintah Command

Cara masuk ke mode fastboot Xiaomi selanjutnya yaitu menggunakan Command pada Komputer atau PC. Cara ini bisa dibilang cukup rumit untuk orang yang masih awam. Namun tidak apa-apa jika ingin Sobat mencoba.

Pertama Sobat perlu mempersiapkan beberapa persyaratan dan bahan dibawah ini terlebih dahulu:

Persyaratan:

  • Kabel USB
  • Laptop dengan OS Windows 7 keatas
  • Sudah mengaktifkan USB Debugging Mode dan OEM Unlock pada Hp Xiaomi.

Jika Sobat belum mengaktifkan Developer Options di Xiaomi Android, caranya tinggal masuk ke Settings -> About Phone -> Tap beberapa kali pada menu MIUI version sampai muncul pesan You are a developer now -> Lalu lanjut ke opsi Additional settings -> Developer options -> tinggal Aktifkan USB debugging.

Bahan:

Cara masuk mode Fastboot Xiaomi dengan Command PC

  • Hubungkan Hp Xiaomi ke Laptop dengan kabel USB, pastikan terhubung yaa. Jika tidak terhubung, periksa koneksi kabel, drivers pada PC, ataupun ganti kabel USB.
  • Selanjutnya silakan masuk ke folder c:\adb
  • Kemudian tekan SHIF + Klik Kanan dibagian kosong di folder tersebut, lalu klik “Open command window here
  • Nantinya akan muncul tampilan seperti berikut
  • Lalu tinggal Sobat ketikan perintah:

adb devices

  • Fungsi perintah tersebut adalah untuk memastikan apakah perangkat sudah terkoneksi di mode ADB atau belum. Jika iya, nanti akan muncul kode acak seperti berikut:
  • Jika belum muncul, maka pastikan Sobat tadi telah mengaktifkan USB Debugging dan driver sudah terhubung dengan benar
  • Jika nanti keluar pesan “unauthorized” seperti berikut:
  • Maka solusinya buka kembali Hp Xiaomi Sobat, lalu pada notifikasi minta ijin (permission) tekan saja OK
  • Selanjutnya silakan ketik lagi perintah adb devices sampai keluar pesan attached
  • Ketika telah terdeteksi, waktunya masuk ke mode fastboot Xiaomi

adb reboot bootloader

  • Maka secara langsung Xiaomi Sobat akan masuk ke mode fastboot
  • Jika Sobat belum yakin, Sobat bisa mengeceknya kembali dengan mengetikkan perintah berikut:

fastboot devices

  • Jika memang benar sudah terkoneksi dan terdeteksi, nanti akan keluar kode acak seperti ini:

Nah, begitulah caranya masuk ke mode fastboot Xiaomi dengan perintah command pada PC. Lumayan rumit kan?

Meskipun demikian cara ini cukup efektif jika Sobat mager untuk mematikan Android Xiaomi Sobat. Ataupun jika tombol Hp Xiaomi Sobat sedang rusak, maka cara ini bisa diterapkan.

Baca Juga: Cara Flash Menggunakan QFIL 

Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Jika penjelasan diatas adalah cara masuk mode fastboot Xiaomi, maka cara selanjutnya adalah cara keluarnya dari mode nya.

Ada 2 cara yang bisa Sobat coba, yaitu secara manual dengan menekan dan menahan tombol Power beberapa detik sampai Hp Xiaomi melakukan restart dan masuk ke Homescreen. Atau Sobat juga bisa menggunakan perintah dibawah ini:

fastboot reboot

Maka secara otomatis nanti Hp Xiaomi Sobat akan melakukan restart dan masuk ke menu Homescreen kembali.

Akhir Kata

Seperti yang sudah saya katakan, cara masuk dan keluar mode fastboot Xiaomi ini bisa digunakan pada semua tipe Hp Xiaomi. Jadi jangan ragu jika Sobat ingin mencobanya, yang penting untuk tetap terus berhati-hati.

Mungkin cukup sekian artikel Arahtekno kali ini tentang mode fastboot Xiaomi. Bilamana artikel ini dirasa bermanfaat, silakan bisa Sobat share keteman Sobat lainya, agar mereka tahu juga. Terima kasih 🙂

Tinggalkan komentar