Flash Sony Xperia

Bootloop merupakan masalah Hp yang harus segera diperbaiki dengan cara flashing. Jika Hp Xperia kalian sedang bootloop, kalian wajib banget mengetahui cara flash Sony Xperia ini.

Problem masalah pengguna Sony Xperia terkadang tidak hanya pada bootloop saja, diantara masalah lainya seperti Sony Xperia hang, mati total, lemot atau lag, sampai dengan masalah bootloop. Tapi jangan khawatir! karena admin sudah punya solusinya.

Flash Sony Xperia via SP Flashtool

Untuk mengatasi masalah pada Hp Sony Xperia, disini admin akan memberikan cara flash menggunakan bantuan software SP Flashtool. Smart Phone Flash tool sendiri adalah sebuah software flashing pada berbagai jenis smartphone, khususnya Sony Xperia ini.

Bahan Flash Sony Xperia

Nah, sebelum Sobat melakukan flashing, jika memungkinkan lakukan backup data pada Sony Xperia Sobat terlebih dahulu, karena nantinya semua data pada Hp Sony Xperia Sobat akan terhapus.

Jika sudah di backup atau cadangkan datanya, selanjutnya Sobat perlu mempersiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan dibawah ini.

  1. Download Stock Firmware Sony Xperia.
  2. Download USB Driver Sony Xperia.
  3. Download software SP Flashtool terbaru.
  4. Siapkan Laptop/PC/Komputer OS Windows.
  5. Siapkan kabel USB yang masih bagus. Jika ada, gunakan kabel data asli dari Sony Xperia.
  6. Pastikan juga baterai di Sony Xperia Sobat di atas 50% untuk menghindari kematian pada saat proses flashing.

Cara Flash Sony Xperia via SP Flashtool

Kalau semua bahan flash telah siap. Silakan Sobat ikuti langkah-langkah flash dibawah ini dengat teliti, agar proses dapat berjalan dengan baik.

1. Buka folder hasil ekstrak software SP Flashtool dan cari file Flash_tool.exe. Jalankan Flashtool tersebut dengan klik kanan -> Run As Administrator.

2. Setelah aplikasi SP Flashtool telah terbuka, selanjutnya silakan pilih scatter file dengan cara klik menu scatter loading.

3. Selanjutnya masuk dan pilih folder Firmware / Stock ROM Sony Xperia yang telah Sobat unduh, dan cari file Android_scatter.

Baca juga: Cara Flash Lenovo A516

4. Jika file Android_scatter sudah dimasukan, sekarang Sobat klik Download untuk bersiap melakukan flashing.

Tips menggunakan SP Flashtool:
Jadi saat file scatter sudah berhasil diload, nanti Sobat akan melihat beberapa opsi baris checklist di dalam Flashtool. Pada barisan file tersebut hilangkan tanda centang pada opsi PRELOADER dan UBOOT.

Lakukan hal tersebut apabila Hp Sony Xperia masih bisa menyala namun mentok sampai logo saja (bootloop). Tetapi jika Xperia Sobat mati total dan tidak bisa nyala sampai logo, maka centang semua daftar opsi file tersebut.

5. Selanjutnya pastikan Hp Sony Xperia Sobat telah dimatikan, Sobat juga bisa mencopot baterainya jika baterainya removable (bisa dilepas).

6. Hubungkan Hp Sony Xperia dengan komputer/laptop melalui kabel data USB yang telah disiapkan.

7. Kemudian tekan tombol volume Up atau volume Down bersamaan untuk mempercepat koneksi antara Hp dengan PC (Jika Sony belum terdeteksi).

Baca juga: Cara Cek Hp Sony

8. Jika proses flash Sony Xperia berjalan dengan normal, maka progres bar pada bagian bawah software SP Flashtool akan ada indikator warna yang bergerak, dari warna merah sampai berwarna kuning. Jadi silakan Sobat tunggu sampai selesai 100%.

9. Jika proses flashing telah selesai, nantinya akan muncul lingkaran hijau dengan pesan Download Ok.

10. Flash Hp Sony Xperia telah selesai. Silakan Sobat hidupkan Hp Sony Xperia Sobat.

Proses flashing Hp Xperia telah selesai. Sekarang seharusnya Hp Sony Xperia Sobat sudah normal seperti baru bawaan pabrik kembali. Tinggal mengatur lagi pengaturan sesuai keinginan, maka Hp Sony Xperia Sobat siap digunakan.

Cukup sekian artikel Arahtekno kali ini tentang cara flash Sony Xperia. Jika kalian mengalami masalah atau kendala disaat proses flashing, silakan bisa tanyakan saja di komentar bawah. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan komentar