Cara Flash Oppo A37

Kejadian problema seperti Hp Oppo A37 hang, lupa pola/Password, Aplikasi sering berhenti sendiri ketika digunakan, bahkan sampai mati total (bootloop), mungkin pernah Sobat alami. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sobat perlu cara flash Oppo A37.

Meski Hp Oppo A37 tergolong mempunyai spesifikasi yang tangguh, yakni bekal RAM-nya sebesar 2GB dan GPU dari Adreno 306. Namun tetap saja, yang namanya barang seperti Smartphone pasti lambat waktu akan mengalami kerusakan, khususnya bootloop.

Cara Flash Oppo A37

Seperti yang telah kita ketahui, proses flashing merupakan proses yang akan menghapus semua data yang ada di dalam Smartphone. Maka dari itu, jika Sobat masih bisa masuk kedalam data-data Hp yang akan di flash, alangkah baiknya Sobat melakukan backup data terlebih dahulu.

Jika sudah, mari kita melangkah ke pembahasan utama kali ini. Namun sebelum itu, Sobat perlu menyiapkan beberapa bahan untuk flashing Oppo terlebih dahulu.

Bahan Flash Hp Oppo A37

Jika semua bahan telah Sobat siapkan dan menginstall nya pada komputer Sobat, sekarang silakan ikuti step untuk flashing Hp Oppo A37 melalui cara dibawah ini.

Baca Juga: Cara Flash Oppo A3s

Cara Flash Oppo A37 via MSM

Cara yang pertama ini dapat Sobat coba dengan bantuan software MSM pada PC. Software Msm8x39DownloadTool sendiri adalah software yang berguna untuk flash Hp yang pada chipset yang menggunakan tipe Qualqomm, seperti Oppo A37 ini.

Jika semua bahan flash telah siap, silakan Sobat ikuti cara flash Hp Oppo dibawah ini dengan teliti agar proses bisa berhasil.

  • Langkah pertama, silakan Sobat extract file Firmware OPPO A37F dan software Msm8x39DownloadTool yang telah Sobat unduh diatas
  • Selanjutnya pastikan Hp Oppo A37 Sobat telah dalam keadaan off/mati. Lalu tekan tombol volume Up dan tombol volume Down secara bersamaan
  • Colokan juga kabel USB dari komputer ke Hp Oppo yang akan di flash agar Hp bisa terdeteksi di komputer
  • Sekarang Sobat jalankan software Msm8x39DownloadTool yang tadi telah di extract tadi. 
  • Jika msm telah terbuka, dan Hp sudah terdeteksi pada software Msm, sekarang Sobat klik tombol Start
  • Disini proses flashing Hp Oppo a37 akan berjalan, dan akan ada indikator berwarna hijau yang menandakan proses sedang berjalan. Silakan Sobat tunggu proses sampai selesai
  • Jika proses telah selesai, maka nanti akan ada pesan berwarna hijau bertuliskan USB Download Complete 
  • Sekarang Sobat bisa cabut kabel USB dari Hp Oppo A37 dan coba nyalakan Hp Sobat.

Jika telah sampai disini, seharusnya Hp Oppo A37 Sobat sudah berhasil di flash. Namun selain cara ini, terdapat juga cara lain yang tidak kalah mudah loh.

Cara Flash Oppo A37 via SD Card

Nah, sebagai alternatif lain bagi Sobat yang kebetulan tidak memiliki komputer, atau mungkin ingin mecoba cara yang simpel. Sobat bisa menggunakan metode flash Oppo A37 tanpa PC ini.

Yang terpenting Sobat harus menyediakan memori MicroSD dengan kapasitas minimal 4GB untuk menyimpan file firmware OTA Hp Oppo A37. Pastikan juga baterai Hp Oppo Sobat minimal 50% untuk menghindari Hp mati ditengah proses flashing.

Jika sudah, sekarang Sobat bisa mengikuti tahap-tahap cara flash Oppo A37 via SD Card berikut ini.

1. Langkah pertama, Sobat download dulu firmware Oppo A37 lalu extract file tersebut dan simpan di memori microSD yang telah Sobat siapkan. (harus sudah extensi .zip)

2. Matikan Smartphone Oppo A37 Sobat dan pastikan telah menyimpan file firmware tersebut di microSD.

3. Selanjutnya silakan Sobat masuk ke tampilan Oppo recovery dengan menekan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan, hingga tampil logo Oppo.

4. Pada menu pilihan bahasa, pilih bahasa English.

5. Setelah berhasil masuk ke tampilan Oppo Recovery, pilih menu opsi install from SD.

6. Selanjutnya akan muncul tampilan data dalam SD Card Sobat. Cari file firmware OTA yang sudah di simpan tadi (format file berekstensi .zip).

7. Kemudian pilih OK untuk memulai proses flashing Oppo A37 tanpa PC.

8. Tunggu proses flashing beberapa saat hingga muncul pesan “updating successfully” yang menandakan proses flashing sudah sukses.

9. Selanjutnya pilih Back untuk kembali ke menu utama recovery, dan silakan lakukan Reboot pada Hp Oppo A37 Sobat.

10. Selesai.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara flash Oppo A37 baik menggunakan PC atau tanpa PC. Jika Sobat masih bingung ataupun mendapatI kendala dalam proses melakukan flashing, silakan bisa masukan saja pertanyaan di kolom komentar bawah. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar