cara reset oppo semua tipe
Android, Smartphone

Cara Mereset HP Oppo

HP Oppo Sobat sedang bermasalah tapi ngga tau cara mereset HP Oppo? Tenang!

Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan cara mereset HP Oppo, baik Factory reset dam hard reset untuk semua jenis Oppo dengan jelas dan tentunya mudah dipahami.

Jadi, kalau sobat ingin mengembalikan perangkat Sobat ke pengaturan pabriknya/factory reset ataupun hard reset (semua kembali seperti semula), Sobat harus coba cara mereset HP Oppo ini sampai selesai.

Reset HP Oppo ke Pengaturan Pabrik/Hard reset

Sobat memerlukan program perangkat lunak yang dapat mengatur ulang semua aplikasi, untuk mengatur ulang memori Oppo.

Pertama fitur yang sudah ada di pengaturan bawaan (Menu Settings) dan yang kedua TWRP.

Meskipun Oppo memiliki fitur pemulihan sendiri di menu pengaturan, kita memerlukan aplikasi dari pihak ketiga untuk melakukan Hard Reset. Nah, program unik ini disebut TWRP (dapat digunakan di hampir semua perangkat Android termasuk Oppo).

Alasan saya merekomendasikan program ini untuk sobat sekalian yaitu karena kemudahannya. Karena kemudahannya, orang awam sekalipun dapat mengoperasikannya.

Bahkan TWRP ini dapat berjalan dengan baik di semua seri Oppo, entah itu seri Oppo A71, A3S, A37, F1s, atau seri Oppo lainya. Bagaimana cara kerjanya? Baik, mari kita simak ke bagian selanjutnya.

Cara Factory Reset HP Oppo

  1. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah pegang dan aktifkan HP Oppo sobat. Setelah itu pergi ke pengaturan (Settings).
  2. Kemudian langkah selanjutnya adalah pergi ke menu sub settings “Backup and Reset” di halaman pengaturan.
  3. Setelah itu pilih “Reset Phone”.
  4. Apabila sudah tidak ada lagi data yang harus di-backup atau di amankan, silakan ketuk “Erase Everything” lalu ketuk “Yes”.
  5. Selanjutnya HP Oppo Sobat akan menyala ulang (restart/reboot) dengan sendirinya. Pada tahap ini, Sobat hanya perlu menunggu sampai HP kamu benar-benar selesai melakukan proses reboot.
  6. Apabila HP telah selesai reboot/restart, itu tandanya HP Oppo sobat telah selesai melakukan Factory Reset.

Masalah belum teratasi? Atau sobat lupa dengan password keamanan HP Oppo sobat? Hard Reset aja, begini cara melakukan hard reset.

Cara Hard Reset HP Oppo

Apabila masalah yang sobat alami masih belum bisa diatasi melalui Factory Reset, biasanya Hard Reset dapat mengatasinya.

Untuk cara mereset HP Oppo A3S, A37 atau seri Oppo lain. Berikut langsung saja cara kerjanya:

  1. Pertama, silakan matikan HP sobat.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power dan volume bawah (-) secara bersamaan. Tahan tombol tersebut sampai HP Oppo menyala kembali.
  3. Setelah menyala dan muncul pilihan bahasa, pilih bahasa Inggris (English).
  4. Untuk melakukan Hard Reset, langsung saja pilih “Wipe Data”, lalu pilih “Yes” untuk konfirmasi.
  5. Ini akan memakan waktu beberapa menit saja, jadi silakan sobat tunggu.
  6. Setelah selesai, sobat bisa kembali melakukan reboot atau menyalakan kembali HP Oppo sobat.
  7. Ketika reboot, HP sobat benar-benar kembali ke settingan semula, jadi sobat perlu kembali melakukan pengisian beberapa hal seperti bahasa, wilayah tempat tinggal, jaringan dan sebagainya.
  8. Setelah semua selesai, maka Sobat dapat menikmati Oppo seperti baru kembali.

Apabila masalah yang sobat alami masih saja muncul, mungkin ini sudah saatnya untuk melakukan Flashing HP Oppo. Silakan Sobat baca cara flash Oppo A3s atau cara Flash Oppo A37 untuk mengatasinya.

Sekian dari pembahasan cara mereset HP Oppo untuk semua type. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian yang sedang mengalami masalah dengan HP Oppo kalian.