Cara Mengatasi Baterai Kembung

Kalian pasti pernah mendapat masalah baterai Handphone/Smartphone kembung? Menjengkelkan bukan? Baterai Handphone kembung memang bisa dibilang sangat menjengkelkan.

Tidak hanya akan menyebabkan baterai menjadi boros pemakaian saja, baterai kembung juga bisa membuat penampilan dari smartphone kurang enak dipandang, karena cover chasing belakang akan mengembung.

Parahnya lagi akibat dari baterai kembung bisa jadi slot dari kancing cover chasing belakang tidak rapat karena ukuran baterai tidak wajar sehingga ketika sewaktu-waktu smartphone terjatuh akan menyebabkan baterai langsung lepas dari smartphone tersebut.

Penyebab Baterai HP melembung/Kembung

Men-charger baterai smaprtphone terlalu lama merupakan pemicu pertama dari penyebab baterai cepat kembung. Mungkin hal ini memang dianggap sepele untuk sebagian besar pengguna smartphone, terutama para kalangan remaja yang bahkan nggak jarang yang makai handphone-nya buat ngegame padahal sedang dalam proses charging.

Mengecas Handphone terlalu lama juga selain membuat aliran listrik menjadi boros juga bisa menyebabkan pengisian baterai menjadi berlebihan. Baterai yang berlebihan mampu menjadikan zat-zat kimia yang ada pada baterai menjadi berkembang selanjutnya akan menjadikan baterai menjadi cepat kembung.

Namun masalah seperti ini paling sering terjadi pada Handphone keluaran lama. Jadi bagi sobat pengguna Handphone zaman sekarang tidak perlu khawatir. Karena Handphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan daya otomatis. Jadi kalau pengisian sudah penuh, secara otomatis proses charging akan berhenti mengisi.

Lantas, Bagaimana cara menanganinya?

Cara Mengatasi Baterai Kembung

Bagi Sobat yang masih bingung masalah baterai handphone cepat kembung, Tidak usah panik. Berikut langsung saja ulasan tentang cara mengatasi baterai handphone yang cepat kembung. Baca sampai selesai biar paham ya sob.

1. Matikan Handhpone

Langkah yang bisa digunakan yaitu pertama yaitu matikan power Handphone, lalu buka chasing, ambil baterai Handhpne yang sudah kembung dan lepaskan baterai dari Handphone sobat.

2. Masukan Kedalam Plastik Klip

Setelah baterai Handphone terlepas lalu biarkan baterai sejenak dan diamkan baterai beberapa waktu sesaat sampai baterai terasa tidak terlalu panas atau mendapatkan suhu yang normal. Masukan baterai dengan suhu yang normal ke dalam sebuah plastik (Admin menyarankan plastik klip) dan tutup rapat plastic tersebut.

3. Masukan Kedalam Lemari Es Atau Kulkas

Selanjutnya masukkan baterai yang sudah di bungkus rapat kedalam freezer Kulkas atau Pendingin di lemari kulkas. Tunggu kurang lebih selama 24 Jam.

4. Ambil Baterai dan Bersihkan

Cek baterai, jika baterai yang kembung dirasa sudah kembali normal, maka selanjutnya adalah mengeluarkannya dari freezer. Lalu bersihkan baterai dengan kain kering agar sisa air ataupun Es dari freezer bisa hilang secara sempurna.

5. Pasang Baterai Kembali

Tunggu baterai hingga kering dan sudah dalam keadaan suhu yang normal atau suhu sudah tidak dingin lagi. Setelah itu barulah pasang baterai dan cash Handphone sobat sampai penuh dengan kondisi handphone power masih mati. Pastikan juga proses cash handphone terisi penuh sebelum handphone kembali dihidupkan. Dan Selamat, Hanphone Sobat kini sudah tidak masuk angin lagi hehehe.

Sedikit pesan dari admin bahwasanya jangan sering – menggunakan Handphone dalam kondisi sedang charging, apalagi ketika sedang men-charging terus ketamabahan ngegame, Bukan sekedar akan panas yang nantinya akan membuat baterai kembung saja palahan bisa-bisa nanti akan memperpendek umur dari penggunaan baterai Sobat.

Akhir Kata

Demikianlah postingan kali ini tentang cara mengatasi baterai kembung,  So merawat lebih baik daripada memperbaiki. bila perlu tinggalkan komentar bila sobat punya tips mengatasi permasalahan diatas. Sekian semoga bermanfaat 😊

4 pemikiran pada “Cara Mengatasi Baterai Kembung”

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!